Komandan Korps Marinir Alumni AAL 1988 yang Memiliki Karier Militer Cemerlang

Selasa, 17 Januari 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Kariernya di militer semakin mentereng, Suhartono pecah bintang setelah dipercaya menjabat sebagai Danlantamal XI/Merauke pada 2016-2017. Bintang emas di pundaknya bertambah menjadi dua atau Mayjen TNI setelah diangkat menjadi Danpaspampres pada 2017-2018.

Setelah setahun menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo (Jokowi), Suhartono kemudian dipercaya memimpin pasukan elite TNI AL sebagai Dankormar selama hampir empat tahun yakni 2018-2022 sebelum akhirnya diangkat menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) hingga saat ini.

Dengan jabatan barunya tersebut, bintang emas di pundaknya kembali bertambah menjadi tiga atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Dalam bidang akademisi, Suhartono juga merupakan Pati TNI AL yang cukup rajin menimba ilmu, berbagai pendidikan telah diikutinya di antaranya, Dikpassis A-1; Dikpespa Mar; Suslapa TNI AD; kemudian Dikreg; serta Seskoal.

Selain itu, Suhartono juga pernah mengenyam pendidikan di Sesko TNI, kemudian Dikko; Pendidikan Taifib; mengikuti Free Fall; Spes Demolisi TNI AD. Termasuk Counter Terorism Inteligence Analysh; Sus Anti Teror; Post Incident Intelegence Colenction; Terorist Devices Technical Response; The Rock Counter Terorism; Militaire De Parachutiste CRS.

2. Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto resmi menjabat sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur 26 Juni 1965 ini menjadi orang nomor satu di Korps Baret Ungu, yang merupakan pasukan elite TNI AL ke-24.

Mayjen TNI (Mar) Widodo menerima tongkat komando dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono dalam upacara serah terima jabatan yang digelar di Markas Komando Korps Marinir di Jalan Usman dan Harun No 40, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin, 7 Februari 2022.

Pengangkatan Mayjen TNI (Mar) Widodo sebagai Dankormar menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang diangkat menjadi Dankodiklatal, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Pengangkatan Widodo sebagai Dankormar bukan tanpa alasan. Sebagai lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-33 pada 1988, Widodo pernah merasakan penugasan operasi di Aceh dan Timor-Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste.

Selama mengabdi di militer, Widodo pernah menempati sejumlah jabatan penting di antaranya Wadanki D Yonif 4 Marinir, Pasi 2 Yonif 2 Marinir, kemudian menjabat sebagai Danseta Pusdikdasmil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2543 seconds (0.1#10.140)