Survei LSN: Elektabilitas Prabowo di Jabar Masih Tertinggi

Sabtu, 14 Januari 2023 - 16:24 WIB
loading...
Survei LSN: Elektabilitas Prabowo di Jabar Masih Tertinggi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melambaikan tangan saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jakarta, Sabtu (7/1/2023). FOTO/ANTARA/Muhammad Adimaja
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tertinggi di Jawa Barat. Hal ini diketahui dari hasil survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) pada awal Januari 2023.

Dalam survei kali ini, LSN mempertarungkan tiga sosok yang berpotensi menjadi calon presiden (capres) 2024. Mereka adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hasilnya, 54,8% responden di Jawa Barat memilih Prabowo Subianto. Anies Baswedan berada di urutan kedua 24,8%; diikuti Ganjar Pranowo perolehan 13,2%.

Baca juga: Abah Lala Sebut Sosok Prabowo Pribadi yang Sangat Peduli pada Rakyat

"Berdasarkan hasil survei kali ini, Prabowo Subianto masih belum tergoyangkan hegemoninya di Jawa Barat,” kata Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry, Sabtu (14/1/2023).

Hasil survei ini sekaligus menjawab anggapan Anies Baswedan akan mengungguli Prabowo di Jawa Barat. Anggapan itu muncul setelah Anies melakukan safari politik di wilayah Jawa Barat.

"Dugaan bahwa Anies Baswedan berhasil menggerus kantong-kantong suara Prabowo di tanah Sunda, tak terbukti dalam survei LSN kali ini. Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra," kata Gema.

Survei LSN dilaksanakan pada 2-11 Januari 2022 di 6 provinsi Pulau Jawa. Survei melibatkan sebanyak 810 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun atau memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Survei menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat. Tingkat kepercayaan dalam survei ini sekira 95% dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,5%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)