5 Panglima TNI yang Memiliki Brevet Trimedia Taifib, Nomor 2 Baru Pensiun

Kamis, 12 Januari 2023 - 17:17 WIB
loading...
5 Panglima TNI yang Memiliki Brevet Trimedia Taifib, Nomor 2 Baru Pensiun
Jenderal ANdika, Mantan Panglima TNI yang memiliki brevet Trimedia Taifib. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima Panglima TNI yang memiliki brevet Trimedia Taifib. Salah satunya baru saja pensiun beberapa waktu yang lalu.

Pada perjalanan kariernya, seorang Panglima TNI tentu memiliki riwayat panjang dalam perjuangannya untuk bisa menjadi orang nomor 1 di TNI. Atas jasa-jasanya selama bertugas, tak jarang juga mereka mendapatkan tanda penghargaan, termasuk di antaranya Brevet Trimedia Taifib.

Baca juga : Adu Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa vs Panglima Militer Singapura

Berikut deretan Panglima TNI yang memiliki brevet Trimedia Taifib.

1. Laksamana TNI Yudo Margono

Laksamana TNI Yudo Margono merupakan Panglima TNI aktif yang saat ini menjabat. Dalam riwayat pendidikannya, dia tercatat sebagai lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988.

Pada sepak terjangnya di TNI, Yudo Margono juga pernah menyandang sejumlah jabatan strategis lain. Di antaranya adalah Pangkoarmada I (2018-2019), Pangkogabwilhan I (2019-2020), hingga Kepala Staf TNI Angkatan Laut (2020-2022).

Tak hanya jabatan, pria kelahiran Madiun, 26 November 1965 ini juga memiliki sejumlah brevet yang tersemat di seragamnya. Sebut saja seperti Brevet Atas Air, Brevet Selam TNI AL, Brevet Komando, Brevet Hiu Kencana, Wing Penerbang TNI AU, Brevet Tri Media (Taifib), dan lainnya.

2. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Berikutnya ada Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini merupakan Panglima TNI ke-21 yang menjabat pada periode 2021-2022. Saat itu, dia menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sama halnya dengan Yudo Margono, pria kelahiran 21 Desember 1964 ini juga memiliki cukup banyak brevet yang disematnya. Beberapa di antaranya adalah Brevet Komando, Brevet Anti-Teror Aspek Laut, Wing Penerbang TNI AU, hingga Brevet Trimedia Taifib.

Baca juga : Panglima TNI dan Kapolri Terima Brevet Komando dari Kopassus

3. Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto

Panglima TNI selanjutnya yang memiliki brevet Trimedia Taifib adalah Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Brevet tersebut diterimanya pada tahun 2017.

Selain Panglima TNI, sejumlah jabatan penting lain juga pernah disematnya. Sebut saja seperti Irjen Kemhan RI (2016-2017), Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) (2017-2018), hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia yang saat ini didudukinya.

4. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Berikutnya ada nama Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Saat ini, dia berstatus sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

Dalam riwayat kariernya, selain pernah menjadi Panglima TNI, Moeldoko juga banyak menyemat jabatan penting lainnya. Di antaranya adalah KSAD (2013), Wakil Gubernur Lemhannas (2012), Pangdam Siliwangi (2010), hingga Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad (2010).

Selain jabatan, Moeldoko juga memiliki sejumlah tanda jasa dan brevet. Sebut saja seperti Brevet Komando, Brevet Free Fall, Brevet Jump Master, Wing Penerbang TNI AU, Brevet Hiu Kencana, Brevet Tri Media Taifib, dan lain sebagainya.

5. Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono

Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono menjabat Panglima TNI pada periode 2010-2013. Dalam riwayatnya, dia menjadi Panglima kedua yang berasal dari matra Angkatan Laut, setelah Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto.

Dari sekian banyak tanda jasa dan brevet yang pernah disematnya, Agus Suhartono juga pernah mendapatkan Brevet Trimedia Taifib. Saat itu, dia menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI AL.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)