Jokowi Ajak Warga NU Jaga dan Lestarikan Budaya Nusantara

Senin, 09 Januari 2023 - 22:31 WIB
loading...
Jokowi Ajak Warga NU Jaga dan Lestarikan Budaya Nusantara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan nusantara. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak umat Islam khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan nusantara. Hal ini dikatakan Jokowi dalam acara Festival Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi, Senin (9/1/2023)

"Karena itu saya ingin mengajak umat Islam di seluruh penjuru Tanah Air khususnya warga NU untuk ikut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya nusantara yang beragam," kata Jokowi .

Jokowi juga meminta, agar seni budaya dapat digunakan untuk membangun peradaban dan membawanya tetap eksis dari zaman ke zaman.

"Menggunakan seni budaya sebagai bagian dari dakwah dan syiar untuk membangun peradaban. Membawanya tetap eksis dan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman di masa depan," ucap Jokowi.

Baca juga: Perempuan Berkontribusi Besar Lestarikan Budaya Nusantara

Menurut Jokowi, seni dan budaya bukan hanya tontonan tetapi juga mengandung pesan tuntunan. "Tuntunan hidup untuk selalu mengingat Keagungan Allah SWT," ujar Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi pun sangat menghargai rangkaian acara peringatan 1 abad NU saat ini digelar festival tradisi Islam nusantara yang menampilkan tradisi Islam. Penampilan itu, dapat mengunggah kepedulian dan kecintaaan umat Islam pada budaya bangsa.

"Terima kasih kepada seluruh keluarga besar NU yang konsisten, istikamah mengambil peran sebagai penebar toleransi, penebar kesejukan dan keharmonisan. Mengedepankan ukhwah Islamiyah, selalu mengedepankan ukhwah watoniyah, selalu mengedepankan ukhwah basariyah. Berdiri terdepan dalam mengawal tegaknya NKRI," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)