Mengenal Profil Partai Gerindra, Struktur dan Rekam Jejaknya

Senin, 09 Januari 2023 - 13:44 WIB
loading...
Mengenal Profil Partai Gerindra, Struktur dan Rekam Jejaknya
Partai Gerindra merupakan sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2008 silam. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra merupakan sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2008 silam. Dalam sejarahnya, Partai Gerindra saat ini menempati partai terbesar kedua setelah PDI Perjuangan.

Berdirinya Gerindra tentu tak lepas dari sosok yang terkenal yaknI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo atau yang akrab disapa Prabowo .

Dikutip dari laman resmi Gerindra, bahwa Partai ini berawal dari Keprihatinan, Gerindra lahir untuk mengangkat rakyat dari jerat kemelaratan, akibat permainan orang-orang yang tidak peduli pada kesejahteraan.

Baca juga : Cerita Prabowo ketika Partai Gerindra Diremehkan

Berangkat dari keprihatinan yang ada, para politikus Fadli Zon, Prabowo Subianto dan adiknya Hashim Djojohadikusumo mengadakan konvensi untuk membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan segera dibentuk.

Selain ketiga tokoh tersebut ada beberapa tokoh yang hadir di dalamnya seperti Ahmad Muzani, Halida Hatta, Tanya Alwi, MArian Mirza, Amran Nasution, Muchdi Pr, Haris Bobihoe, Sufmi Dasco Ahmad, Widjono Hardjanto dan Suhardi.

Pembentukan Partai ini terbilang mendesak, karena akan diikutkan pada ajang kampanye pemilu 2009. Dengan begitu pada tanggal 6 Februari 2008 Partai Gerindra resmi dibentuk.

Pada saat proses deklarasi berlangsung, Gerindra membawa Visi dan Misi yang memuat manifesto partai di antaranya sebagai berikut :

Visi

Menjadi partai politik yang mampu menciptakan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial dan tatanan politik negara yang melandaskan diri pada nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah NKRI berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 yang senantiasa berdaulat di bidang politik, berkepribadian di bidang budaya, dan berdiri di atas kaki sendiri dalam bidang ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)