Ziarah ke TMP Kalibata, Anwar Ibrahim Cari Pusara Benny Moerdani

Senin, 09 Januari 2023 - 13:19 WIB
loading...
Ziarah ke TMP Kalibata, Anwar Ibrahim Cari Pusara Benny Moerdani
Presiden Jokowi menyambut PM Malaysia di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengaku memiliki ikatan emosional kuat dengan mantan Panglima ABRI 1983-1988 Benny Moerdani . Hal tersebut diungkap saat berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Kepala Staf Garnisun Jakarta Brigjen TNI Rano Tilaar menjelaskan, kedekatan antara Anwar Ibrahim dan Benny Moerdani terjalin ketika Indonesia dan Malaysia mulai menjalin kembali hubungan diplomasi pada 1980-an.

"Beliau menyampaikan bahwa beliau punya ikatan emosional yang cukup kuat dengan almarhum, ketika terjadi pembukaan kembali hubungan baik antara Malaysia dengan Indonesia pascaterjadinya konfrontasi," kata Rano di TMP Kalibata, Senin (9/1/2023).

Ziarah ke TMP Kalibata, Anwar Ibrahim Cari Pusara Benny Moerdani

Karangan bunga dari PM Malaysia Anwar Ibrahim di TMP Kalibata. FOTO/MPI/RIANA RIZKIA

Baca juga: Benny Moerdani, Sosok Jenderal Dicap Anti Islam yang Pernah Pasok Senjata untuk Mujahidin Taliban

Rano menuturkan, saat menandatangani buku tamu, Anwar Ibrahim sempat melihat-lihat dokumentasi dan menanyakan di mana pusara Benny Moerdani. Namun, menurut Rano, Anwar tidak menyambangi makam Benny Moerdani, hanya menggelar upacara peletakan karangan bunga secara simbolik di depan Monumen TMP Kalibata.

"Untuk protokoler Kepala Negara ini hanya peletakan karangan bunga, tidak ada kegiatan tabur bunga. Setelahnya beliau ke ruangan khusus dan mengisi buku tamu. Itu acara seremonialnya untuk Kepala Negara," kata Rano.

Baca juga: Kisah Moerdani Jenderal Kopassus yang Dicap Anti Islam, Dikafani dan Diyasini saat Meninggal
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)