Jenderal Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 5 Karier Melejit Dalam Waktu 18 Hari Jadi Kapolri

Minggu, 08 Januari 2023 - 05:39 WIB
loading...
Jenderal Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 5 Karier Melejit Dalam Waktu 18 Hari Jadi Kapolri
Enam Jenderal Polisi kelahiran Jawa Timur yang pernah menjadi Kapolri. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sejak dibentuk pada 1 Juli 1946, tercatat ada 6 Jenderal Polisi kelahiran Jawa Timur yang pernah memimpin institusi Polri. Mereka merupakan putra-putra terbaik bangsa yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan data di laman resmi Polri yakni, polri.go.id, tercatat sudah 25 Jenderal Polisi yang menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Dari jumlah tersebut 6 di antaranya merupakan Jenderal Polisi yang lahir di ujung timur Pulau Jawa.

Lalu siapa saja mereka, berikut ini ulasannya.

1. Jenderal Polisi (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo

Pria kelahiran Tulungaggung pada 28 Februari 1922 ini merupakan Kapolri ketiga. Dia menjabat sebagai orang nomor satu di Polri sejak Desember 1963 hingga 8 Mei 1965.

Soetjipto Danoekoesoemo mengikuti pendidikan di Sekolah Bagian Tinggi Kepolisian Sukabumi pada 1943 dengan memilih kesatuan Brigade Mobil (Brimob). Lahir dan tumbuh di masa penjajahan Belanda, membuat Soetjipto Danoekoesoemo kenyang dengan pengalaman tempur.

Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, yakni, Wakil Koordinator dan Inspektur Mobile Brigade Polisi Jawa Timur pada 1951, dan Wakil Koordinator dan Inspektur Mobrig Polisi Jawa Tengah pada 1954. Dia pernah dikirim ke Italia untuk memperdalam ilmu kepolisian.

Termasuk menempuh pendidikan militer-kepolisian di Advance Army School, Fort Benning, Amerika Serikat, dilanjutkan dengan pendidikan di Army Command & General Staff College, Fort Leavenworth, serta kursus pertahanan sipil di New York.

2. Jenderal Polisi (Purn) Soetjipto Joedodihardjo

Jenderal Polisi Soetjipto Joedodihardjo merupakan Kapolri keempat yang menjabat sejak 9 Mei 1965 hingga 15 Mei 1968. Pemilik nama lengkap H. Raden Mas Ngabehi Soetjipto Joedodihardjo ini lahir di Bondowoso, Jawa Timur pada 27 April 1917.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)