Pengamat Ungkap Sosok The Real King Maker pada Pilpres 2024

Sabtu, 07 Januari 2023 - 16:57 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Sosok The Real King Maker pada Pilpres 2024
Megawati Soekarnoputri disebut sebagai king maker sebenarnya karena hanya PDIP yang punya tiket Pilpres 2024. Foto/SINDOnes
A A A
JAKARTA - Sejumlah figur atau tokoh politik mulai menunjukkan pengaruhnya menjelang kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 . Mereka lebih bayak banyak bekerja di dapur politik yang menentukan ketimbang tampak di ruang publik.

Mereka inilah yang acap disebut sebagai king maker, istilah dalam bahasa Inggris yang berarti sosok pembuat atau yang memunculkan raja. Sosok ini mempunyai pengaruh dan kontrol besar dalam sebuah komunitas di tengah masyarakat.

Publik menyebut Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono, Surya Paloh, Megawati, Airlangga Hartarto, bahkan Joko Widodo sebagai deretan king maker. Tetapi pengamat komunikasi politik Hendri Satrio punya gambaran tersendiri mengenai sosok king maker Pilpres 2024.



Menurut dia, pemahaman tentang king maker selama ini kurang tepat. Hensat, begitu dia biasa disapa, king maker pada kontestasi politik merupakan seorang tokoh politik yang memiliki kendaraan terbesar untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Sejatinya king maker yang sesungguhnya adalah Ibu Megawati karena dia satu-satunya warga negara Indonesia yang hampir pasti maju ke pilpres hanya Ibu Mega," katanya, Sabtu (7/1/2023)

Menurut Hensat, dalam diskusi akhir pekan Polemik MNC Trijaya bertajuk '2023 Tahun Turbulensi Politik', tokoh politik lain belum bisa dikatakan sebagai king maker karena tak punya tiket pasti.



"Kalau yang lain itu kan biasanya diomongin juga oleh king maker tapi mereka juga sebagai king maker dia juga belum sempurna karena dia tidak punya tiket," ujar Hensat

"Sama saja sama kayak pak Jokowi, dia bisa ngomong si A atau si B. Tapi dia juga tidak punya tiket partai ataupun elit partai juga bukan," sambungnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)