Syahganda Nainggolan Minta Anwar Ibrahim dan Jokowi Fokus Bahas Demokrasi ASEAN

Jum'at, 06 Januari 2023 - 16:07 WIB
loading...
Syahganda Nainggolan Minta Anwar Ibrahim dan Jokowi Fokus Bahas Demokrasi ASEAN
Ketua lembaga Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berencana mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat. Rencananya, Anwar Ibrahim akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 9 Januari 2023.

Ketua lembaga Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan menilai pertemuan kedua pemimpin tersebut sangat penting mengingat Indonesia menjadi pemimpin ASEAN tahun ini dan Malaysia memiliki pemimpin baru yang pro demokrasi. Dia meminta agar Anwar Ibrahim dan Presiden Jokowi harus fokus pada peningkatan demokrasi di ASEAN.

“Terutama memberikan sanksi kepada junta militer Myanmar yang mengkudeta dan memenjarakan Aung San Suu Kyi selama 33 tahun. Selain itu kedua kepala negara harus membuat kedua negaranya sendiri, Malaysia dan Indonesia, menjadi teladan dalam demokrasi, yakni memutus praktik-praktik curang dalam sistem demokrasi, seperti kecurangan pemilu dan pembatasan kebebasan sipil, yang banyak terjadi beberapa dekade belakangan ini,” kata Syahganda Nainggolan dalam keterangan pers, Jumat (6/1/2023).



Menurut dia, demokrasi di ASEAN tentu tidak perlu meniru demokrasi di barat. Dia menambahkan, selain mengambil hal-hal yang baik dalam demokrasi barat, ASEAN perlu memasukkan kebajikan lokal yang berakar pada budaya dari bangsa-bangsa di ASEAN.

“Sebagai komunitas dengan jumlah penduduk sekitar 700 juta jiwa, ASEAN harus mampu menjadi centrum peradaban dunia ke depan. Apalagi, saat ini dunia sedang membutuhkan arah baru setelah selesainya pandemi Covid-19 dan munculnya globalisasi dengan sistem multipolar,” tuturnya.

Adapun mengenai hubungan bilateral kedua negara, Syahganda berharap Anwar Ibrahim dapat membantu 3 juta pekerja Indonesia di Malaysia untuk leluasa dalam menjalankan hak-hak demokrasi menjelang pemilu Indonesia tahun depan. Menurut dia, hal itu dapat dilakukan antara lain meminta pengusaha Malaysia mempermudah pekerja Indonesia dalam kaitannya dengan pemilu serta menjamin sistem logistik dan keamanan di Malaysia membantu Indonesia secara berkualitas.

Syahganda juga mengapresiasi Anwar Ibrahim yang akan mengadakan temu sahabat dengan tokoh-tokoh aktivis Indonesia di sela-sela kunjungan kenegaraan tersebut. Dia berpendapat, rencana Anwar Ibrahim itu adalah contoh dari seorang pemimpin yang tidak melupakan sejarah persahabatan masa lalu yang cukup kuat dengan berbagai kalangan politik di Indonesia.

“Modal dasar ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kedua bangsa dan masyarakat ASEAN ke depan,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)