Pakar Apresiasi Sekolah Partai PDIP yang Penting Perkuat Komitmen Ideologi

Jum'at, 06 Januari 2023 - 10:03 WIB
loading...
Pakar Apresiasi Sekolah Partai PDIP yang Penting Perkuat Komitmen Ideologi
Sekolah Partai PDIP dinilai tepat saat komitmen ideologi politik nasional sedang tergerus. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekolah Partai yang diinisiasi PDIP dan diikuti partai politik lain di Indonesia, diapresiasi para akademisi. Apalagi Sekolah Partai memperkuat materi ideologi Pancasila hingga antikorupsi.

Peneliti politik Wasisto Raharjo Jati menilai Sekolah Partai yang dibangun PDIP merupakan terobosan yang patut diapresiasi. Sekolah Partai PDIP sendiri digelar untuk mempersiapkan kader-kader berkualitas yang layak dinominasikan dalam jabatan publik.

Apalagi, lanjutnya, dalam Sekolah Partai juga diberikan pembekalan materi salah satunya anti korupsi hingga penggemblengan secara ideologi Pancasila. "Hal ini tentu patut diapresiasi di tengah kondisi politik saat ini yang mulai tergerus komitmen ideologinya," ucap Wasisto, Jumat (6/1/2023).



PDIP akan memasuki usia ke-50 tahun pada 10 Januari 2023, mendatang. Secara kepartaian, partai pimpinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ini telah malang melintang di semua lintas rezim pemerintahan. Mulai dari Orde Baru, reformasi hingga sekarang.

Tentu hal itu, membuktikan bahwa PDIP sangat kuat dan solid sebagai sebuah partai politik. Wasisto Raharjo Jati pun menyebut, bahwa PDIP sebagai salah satu parpol yang mengakar secara ideologis dan adaptif dalam berbagai periode pemerintahan.

PDIP juga diketahui menguatkan jaringan kepartaian dengan membangun kurang lebih 112 kantor Partai sebagai pusat pengorganisasian partai selama dua tahun belakangan ini. "Artinya usia 50 tahun ini menunjukkan partai yang telah matang secara institusi dan solid secara jaringan," kata Wasisto.

Wasisto juga mendorong agar partai berlambang banteng moncong putih itu tetap konsisten dalam memperjuangkan kepentingan rakyat di usia yang menginjak ke 50 tahun ini.

Terlebih, selama ini PDIP dikenal dan sangat akrab di telinga masyarakat sebagai partai 'wong cilik'. "Saya berharap agar partai ini tetap konsisten sebagai partainya wong cilik baik nanti ketika dalam lingkar kekuasaan maupun di luar kekuasaan," terangnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)