Sekjen PKS Minta MK Tolak Uji Materi tentang Sistem Pemilu

Kamis, 05 Januari 2023 - 17:15 WIB
loading...
Sekjen PKS Minta MK Tolak Uji Materi tentang Sistem Pemilu
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi meminta kepada MK menolak uji materi UU Pemilu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) menolak keras uji materi atau judicial review terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait sistem proporsional terbuka yang tengah diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi meminta kepada MK menolak uji materi UU Pemilu tersebut.

"Sudah seharusnya judicial review soal permohonan kembali ke sistem pemilu menggunakan proporsional tertutup itu ditolak oleh Mahkamah Konstitusi. Karena sudah sewajarnya MK konsisten dengan putusannya sebelumnya," kata Habib Aboe Bakar Alhabsyi, Kamis (5/1/2023).

Menurut Habib Aboe, gugatan uji materi terhadap sistem pemilu yang teregistrasi dengan nomor perkara 114/PUU-XX/2022, berpotensi mengebiri hak politik rakyat. "Saya melihat putusan MK Nomor: 22-24/PUU-VI/2008, memiliki pertimbangan bahwa sistem pemilu tidak boleh merampas daulat rakyat. Tidak boleh juga sistem tersebut menjelma menjadi oligarki partai politik," katanya.



Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan, dalam sistem pemilu proporsional terbuka rakyat bisa mempergunakan kedaulatan untuk memilih dengan terbuka. Kalau kita simak, lanjutnya, dalam pertimbangannya MK menyatakan bahwa adanya keinginan rakyat memilih wakil-wakilnya yang diajukan oleh partai politik dalam pemilu, sesuai dengan kehendak dan keinginannya dapat terwujud harapan agar wakil yang terpilih tersebut juga tidak hanya mementingkan kepentingan partai politik, tetapi mampu membawa aspirasi rakyat pemilih.

Aboe berharap MK mampu tampil sebagai penjaga konstitusi yang konsisten dan tegak lurus dengan keputusan yang pernah diputuskan sebelumnya. Menurutnya, sebagai the guardian of the constitution kita berharap MK akan tetap konsisten, tegak lurus dan tidak melupakan ratio decidendi yang telah dibuat. "Sehingga tidak akan mengambil keputusan berbeda dengan putusan MK yang sebelumnya. Hal ini untuk menjaga konsistensi terhadap tafsir konstitusi di Indonesia," jelas anggota DPR Dapil Kalimantan Selatan I ini.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)