Presiden Jokowi Dinilai Berhasil Rawat Kebudayaan Nusantara

Minggu, 01 Januari 2023 - 15:58 WIB
loading...
Presiden Jokowi Dinilai Berhasil Rawat Kebudayaan Nusantara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil merawat kebudayaan yang ada di Nusantara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai berhasil merawat kebudayaan yang ada di Nusantara. Pasalnya, beragam kekayaan budaya di Tanah Air menjadi salah satu perhatian utama pemerintahan Jokowi.

Akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) Zulfan Lubis mengatakan kebudayaan adalah identitas bangsa dan warisan leluhur yang harus dijaga. Zulfan mengapresiasi keberhasilan Jokowi yang sukses merawat kekayaan budaya Nusantara.

“Kebudayaan ini adalah identitas kita, warisan leluhur nenek moyang kita yang memang harus dijaga. Pak Jokowi selaku pemimpin sudah berhasil mencontohkan bagaimana merawat kekayaan budaya kita,” ujar Zulfan, Minggu (1/1/2023).



Zulfan juga menuturkan Jokowi selalu mengangkat budaya-budaya Nusantara ke panggung nasional bahkan Internasional. Seluruh budaya di tiap-tiap daerah dikenalkan Jokowi kepada masyarakat luas. “Di masa Pak Jokowi memimpin, beliau sudah mengangkat identitas sebuah bangsa dari mulai penjuru Nusantara mulai dari paling barat sampai timur,” ucapnya.



Salah satu bukti Jokowi sangat berpihak pada kebudayaan Nusantara adalah dengan kerapnya digunakan pakaian adat pada event nasional seperti HUT kemerdekaan. Menurutnya, apa yang telah dilakukan Jokowi tersebut adalah langkah yang sangat tepat.

“Saya kira itu adalah langkah yang tepat Pak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia untuk menguatkan identitas kebangsaan kita. Terlihat semenjak beliau menjabat sudah beberapa kali memperingati hari kemerdekaan beliau mengganti pakaian adatnya setiap tahun. Mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Banten, bahkan Papua beliau sudah menggunakan itu,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)