Profil Partai Demokrat: Sejarah, Pendiri dan Struktur Organisasi

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:54 WIB
loading...
Profil Partai Demokrat: Sejarah, Pendiri dan Struktur Organisasi
Partai Demokrat merupakan sebuah partai politik yang terbentuk sejak 2001 silam. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat merupakan sebuah partai politik yang terbentuk sejak 2001 silam. Berdirinya demokrat selama dua dekade ini tak lepas dari sosok mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarganya.

Dikutip dari laman resmi demokrat.or.id, pendiri dari partai ini adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang terilhami dari kekalahannya dalam pemilihan calon wakil presiden pada sidang MPR tahun 2001 silam.

Dengan adanya kekalahan tersebut, maka beberapa orang merasa terpanggil untuk memikirkan dan mengupayakan SBY untuk tidak lagi menjadi wakil tetapi menjadi pemimpin bangsa Indonesia melalui jalur partai politik sendiri.

Baca juga : Prahara Partai Demokrat

Perumusan dari konsep dasar partai dilakukan oleh beberapa orang yang dikenal dengan Tim Krisna Bambu Apus dan teknik administrasinya dilakukan oleh Vence Rumangkang.

Menindak lanjuti dari pembahasan sebelumnya, pada tanggal 19 Agustus 2001 telah dilakukan pertempan di Apartemen Hilton yang dipimpin langsung oleh SBY. Hingga pada 20 Agustus 2001 Vence Rumangkang mengumpulkan orang untuk merealisasikannya.

Setelah itu terbentuk tim 9 yang memiliki tugas untuk mematangkan konsep dasar partai, nama dari tersebut di antaranya Vence Rumangkang, Ahmad Mubarok, Yani Wahid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, RMH. Heroe Syswanto Ns, RF. Saragih, Dardji Darmodihardjo, Rizald Max Rompas, dan Rusli Ramli.

Terbentuknya partai yang sah menurut Undang-undang, partai baru harus memiliki anggota lebih dari 50 orang sebagai pendirinya. Untuk menyambungkan dengan waktu berdirinya partai, Demokrat merekrut 99 orang sehingga membentuk tanggal 9 bulan 9.

Pada Rabu 9 September 2001, 46 orang dari 99 orang yang hadir di Gedung Graha Pratama Lantai XI, Jakarta Selatan untuk menandatangani akta pendirian partai. Sedangkan 53 orang dari jumlah tersebut menyatakan kesediaannya melalui surat kuasa yang telah diberikan kepada Vence Rumangkang.

Baca juga : 5 Ketua Umum Partai Demokrat dari Masa Kemasa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)