Survei Spin: Hasil Kinerja Positif, Elektabilitas Prabowo Tertinggi

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:37 WIB
loading...
Survei Spin: Hasil Kinerja Positif, Elektabilitas Prabowo Tertinggi
Elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dan mengungguli Ganjar dan Anies dalam elektabilitas Capres 2024. Data ini berdasarkan penelitian dari lembaga Spin. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dan mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam elektabilitas Capres 2024. Data ini berdasarkan penelitian dari lembaga Survey and Polling Indonesia (Spin).

Direktur eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengungkapkan, elektabilitas Prabowo berada di urutan pertama dan cenderung menguat dibandingkan dengan periode sebelumnya.

"Sampai dengan survei periode Desember 2022, perolehan elektabilitas Prabowo masih stabil diangka 31,8% bahkan cenderung menguat," kata Igor dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Survei Ungkap Elektabilitas Prabowo Subianto Konsisten Teratas

Elektabilitas yang tinggi ini dikarenakan penilaian masyarakat terhadap kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, baik dan positif. Hal itu terlihat dalam modernisasi alutsista serta peran diplomasi internasional yang membentuk kekaguman dan apresiasi di masyarakat.

"Meningkatnya elektabilitas ini menjadi arti bahwa Prabowo ada di hati masyarakat. Sikapnya yang patriotis, negarawan dan berjiwa besar dalam beberapa momen nasional dan internasional yang dliput oleh media atau new media ternyata juga tak luput dari perhatian dan apresiasi publik," jelas Igor.

Kinerja yang baik ini pula menjadi alasan Jokowi melakukan endorse terhadap Prabowo. Pembuktian kinerja ini dapat menjadi penilaian rasional masyarakat dalam memilih pemimpin yang mampu memberikan hasil nyata bagi Indonesia.

"Diduga hasil dari fokus kerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan endorse yang dilakukan oleh Jokowi terhadapnya," kata Igor.

Sementara itu, elektabilitas capres kedua diduduki oleh Ganjar Pranowo sebesar 20,1% dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 19,7%. Selain itu, SPIN juga melakukan 4 simulasi untuk 2 pasangan calon di Pemilu 2024.

Salah satunya adalah dengan mengukur seberapa kuat Prabowo Subianto jika dipasangkan dengan 4 nama, yakni Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Muhaimin Iskandar dan Ridwan Kamil. Hasilnya, Prabowo akan dominan ketika dipasangkan dengan Ganjar Pranowo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6945 seconds (0.1#10.140)