BNPT: Potensi Perempuan Terpapar Radikalisme Cenderung Tinggi

Kamis, 29 Desember 2022 - 07:44 WIB
loading...
BNPT: Potensi Perempuan Terpapar Radikalisme Cenderung Tinggi
Kepala BNPT Roy Rafli Amar mengatakan kalangan perempuan dan anak muda menjadi penyumbang potensi radikalisme terbanyak. Fot: MPI/achtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) menyampaikan laporan akhir tahun terkait tindak terorisme di Indonesia. Salah satunya terkait kelompok yang rentan terpapar radikalisme.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan indeks risiko terorisme dan potensi radikalisasi di tahun 2022 menurun. Namun, yang menjadi catatan, kalangan perempuan dan anak muda menjadi penyumbang potensi radikalisme terbanyak.

“Survei ini menemukan Indeks Potensi Radikalisme lebih tinggi pada wanita, generasi muda dan mereka yang aktif di internet,” kata Boy Rafli Amar dalam pernyataan pers akhir tahun BNPT di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (28/12/2022).



Survei tersebut dilakukan oleh BNPT RI bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), Puslitbang Kemenag, Kajian Terorisme UI, BRIN, The Centre for Indonesian Crisis Strategic Resolution (CICSR), Nasaruddin Umar Office, The Nusa Institute, Daulat Bangsa, dan Alvara Research Institute.

Dalam laporannya BNPT mengklaim, indeks potensi radikalisme dan terorisme di tahun 2022 turun. Angka tersebut telah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Indeks Risiko Terorisme tahun 2022 terdiri dari dimensi target dan dimensi supply pelaku, hasil penilaian telah berhasil melampaul target yang ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024," ujar Boy
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)