Panglima TNI Agendakan Tinjau Jet Falcon 7X dan 8X

Kamis, 29 Desember 2022 - 07:16 WIB
loading...
Panglima TNI Agendakan Tinjau Jet Falcon 7X dan 8X
Psnglima TNI Laksamana Yudo Margonooo berencana meninjau dua jet TNI AU teranyar, Falcon 7x dan 8X. Foto: MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan meninjau langsung pesawat jet berjenis Falcon 7x dan Falcon 8x. Dua jenis pesawat jet dari Prancis yang baru saja tiba di Indonesia itu telah diresmikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Rabu (28/12/2022).

"Saya akan meninjau nanti, jadi saya belum tahu real-nya," kata Laksamana Yudo Margono saat ditemui usai admiral inspection TNI AL di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu, (28/12/2022).

Lebih lanjut, Yudo mengaku telah mendapat laporan dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo terkait kedatangan dua pesawat tersebut.



"Tadi baru dilapori KSAU bahwa itu pesawat angkut kalau tidak salah. Pesawat angkut terbatas ya, nanti saya tanya," ucapnya.

Untuk diketahui, TNI Angkatan Udara (AU) kedatangan dua pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, pesawat tersebut akan digunakan para pimpinan TNI.

"Dua pesawat yang kami sebut pesawat kodal, komando pengendalian ini, diperuntukkan untuk unsur pimpinan (TNI)," katanya di Hanggar Skadron Udara 17, Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Rabu (28/12/2022).

Peruntukkan dua pesawat tersebut, kata Prabowo, agar para pimpinan TNI dapat bergerak dengan cepat dalam melaksanakan fungsi kepemimpinannya.



"Agar dapat dengan cepat bergerak untuk melaksanakan fungsi kepemimpinannya mendukung markas besar TNI dan markas besar tiga angkatan," katanya.

"Jadi, pimpinan TNI, pimpinan angkatan, bisa lebih memiliki kecepatan bergerak," sambungnya.

Dua pesawat itu juta, kata Prabowo, akan menjadi kekuatan tambahan bagi TNI AU . "Hari ini kita berbangga, ada perkuatan tambahan untuk TNI AU," ucapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)