Terungkap! Ini Alasan Jokowi Pilih Laksamana TNI Muhammad Ali Jadi KSAL

Rabu, 28 Desember 2022 - 10:48 WIB
loading...
Terungkap! Ini Alasan Jokowi Pilih Laksamana TNI Muhammad Ali Jadi KSAL
Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasannya memilih Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai KSAL. Menurut Jokowi Muhammad Ali memiliki rekam jejak yang baik. Foto/Dok/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memilih Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) . Menurut Jokowi, Muhammad Ali memiliki rekam jejak yang baik.

"Selalu, selalu saya melihat rekam jejak," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Jokowi mengatakan bahwa Ali pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) hingga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I).

"Beliau ini kan pernah di gubernur AAL, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Ini apa pengalaman rekam jejak menjadi selalu saya lihat. Beliau memiliki leadership yang baik," kata Jokowi.

Baca juga: Dilantik Jokowi, Laksdya TNI Muhammad Ali Resmi Jabat KSAL

Diberitakan sebelumnya Presiden Jokowi melantik Laksamana Muhammad Ali sebagai KSAL di Istana Negara.
M Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 100/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL.

Bersamaan dengan itu, Muhammad Ali juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI. Kenaikan pangkat itu didasarkan pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101 /TNI Tahun 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Diketahui, posisi KSAL kosong usai sebelumnya dijabat oleh Laksamana TNI Yudo Margono. Yudo dilantik Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)