Generasi Muda Harus Kritis Melihat Tantangan Negara

Selasa, 27 Desember 2022 - 18:22 WIB
loading...
A A A
Subsidi digunakan untuk mendukung kelompok-kelompok masyarakat miskin agar tetap survive, terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar tertentu. Menurutnya, subsidi tepat sasaran sangat perlu untuk didukung karena hal tersebut mempermudah masyarakat agar memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

"Masalahnya adalah tinggal bagaimana agar rakyat dan pemerintah bersama-sama mengawal penyaluran subsidi tersebut agar dapat sampai kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima subsidi. Peran rakyat dalam hal ini adalah mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam penyaluran subsidi," katanya.

Diskusi ini diakhiri oleh seluruh peserta dan narasumber secara bersama-sama berkomitmen terus mengawal penyaluran BBM bersubsidi agar tepat sasaran. Selain itu, terdapat beberapa rekomendasi dari peserta diskusi di antaranya mendorong pemerintah agar memastikan penerima BBM bersubsidi adalah hanya masyarakat miskin dan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk civil society dalam memastikan distribusi BBM secara tepat sasaran.

Kemudian, meminta kepada pemerintah agar menyalurkan BBM bersubsidi secara merata ke seluruh pelosok Tanah Air, tidak hanya terkonsentrasi di satu wilayah Indonesia. BBM bersubsidi harus dinikmati oleh seluruh masyarakat miskin di seluruh pelosok Tanah Air. Selanjutnya, mendukung program Bantuan Langsung Tunai yang dilaksanakan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menjaga daya beli masyarakat miskin terhadap kenaikan harga-harga komoditas.

Terakhir, mendukung pemerintah dan badan usaha distributor bahan bakar bersubsidi melakukan inovasi termasuk inovasi teknologi untuk memilah konsumen yang berhak atau tidak atas bahan bakar bersubsidi.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)