Profil Chryshnanda Dwilaksana, Doktor Ilmu Kepolisian yang Jadi Kasespim Lemdiklat Polri

Minggu, 25 Desember 2022 - 14:39 WIB
loading...
Profil Chryshnanda Dwilaksana, Doktor Ilmu Kepolisian yang Jadi Kasespim Lemdiklat Polri
Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Polri. Dalam mutasi terbaru, tercatat 704 perwira yang dimutasi dan mendapat promosi jabatan baru.

Mutasi para perwira ini tertuang dalam dalam empat surat telegram, yakni Nomor:ST/2774/XII/KEP./2022, Nomor:ST/2775/XII/KEP./2022, Nomor:ST/2775/XII/KEP./2022, Nomor:ST/2776/XII/KEP./2022, dan Nomor:ST/2775/XII/KEP./2022 per tanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani oleh As SDM Polri, Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri .

Salah satu perwira tinggi (Pati) yang dimutasi adalah Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana. Dirkamsel Korlantas Polri ini diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Dengan demikian, Chryshnanda akan naik pangkat satu tingkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Pol.



Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 3 Desember 1967 ini merupakan lulusan Akademi kepolisian (Akpol) pada 1989. Lulus dari Akpol, Chryshnanda melanjutkan pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 1998.



Chryshnanda kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Indonesia (UI) 2001, dan pada 2005 Chryshnanda meraih gelar Doktoral Studi Kajian Ilmu Kepolisian di UI. Tidak hanya itu, Chryshnanda juga mengikuti pendidikan di internal Polri yakni, Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespim) Lemdiklat Polri dan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Lemdiklat Polri.

Guru Besar dalam jabatan Profesor dibidang ilmu Kajian Ilmu Kepolisian pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) didapatnya sejak 2020. Kemudian Chryshnanda dikukuhkan sebagai Guru Besar PTIK pada Juni 2021.

Chryshnanda mengawali kariernya sebagai Pamapta Polresta Surakarta, kemudian Wakasat Sabhara Polresta Surakarta, Kasubag Renbinnis Set Ro Binkar SDE SDM Mabes Polri, dan Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Metro Jaya dan Wakapolres Metro Kota Tangerang.

Chryshnanda kemudian dipercaya sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kariernya terus menanjak, Chryshnanda selanjutnya diangkat menjadi Dirlantas Polda Riau, Dirlantas Polda Metro Jaya, Karoops Polda Jambi.

Setelah menamatkan pendidikan Sespimti Polri pada 2014, Chryshnanda diberikan amanah mengemban jabatans ebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra Sops Polri, Kaprodi S-3 Ditprog Pasca Sarjana STIK Lemdikpol, Kabidbin Gakkum Korlantas Polri hingga Dirkamsel Korlantas Polri. Setelah lima tahun menjabat Dirkamsel Korlantas Polri, Chryshnanda akhirnya mendapat promosi jabatan sebagai Kasespim Lemdiklat Polri terhitung sejak 23 Desember 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)