Mengenal Sosok 2 Ketua Umum Partai Hanura

Jum'at, 23 Desember 2022 - 22:24 WIB
loading...
Mengenal Sosok 2 Ketua Umum Partai Hanura
Partai Hati Nurani Rakyat atau Partai Hanura merupakan sebuah partai politik yang berdiri sejak 21 Desember 2006 silam. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Hati Nurani Rakyat atau Partai Hanura merupakan sebuah partai politik yang berdiri sejak 21 Desember 2006 silam. Selama 16 tahun berdiri, hanya dua kali pergantian kepemimpinan di tubuh Hanura.

Partai yang dilahirkan oleh beberapa anggota TNI ini sudah mengalami pergantian dua kepemimpinan dengan karakter dan capaian yang berbeda.

Baca juga : 5 Ketua Umum Partai Demokrat dari Masa Kemasa

Berikut dua sosok pemimpin yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Hanura.

1. Wiranto

Jenderal TNI (Purn) Wiranto merupakan putra kelahiran Yogyakarta tepatnya pada tanggal 4 April 1947. Wiranto adalah ketua umum Hanura pertama dan sekaligus menjadi salah satu pendiri Hanura.

Dalam proses berdirinya partai ini, wiranto tentu tidak sendirian ada banyak tokoh nasional yang ikut andil dalam berdirinya partai politik ini.

Beberapa pendiri partai Hanura selain dari wiranto misalnya Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi,Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Jend TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo, Jend. Pol (Purn) Chaeruddin Ismail, Prof. Dr. Achmad Sutarmadi, Prof. Dr. Max Wullur, Prof. Dr. Azzam Sam Yasin, Dr. Fuad Bawazier dan Dr. Tuti Alawiyah AS.

Masa kejayaan dari Hanura tentu tidak lepas dari sosok Wiranto, seorang mantan panglima jenderal TNI dan juga mantan dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Wiranto telah menjabat sebagai ketua umum Hanura sejak 21 Desember tahun 2006 hingga berakhir pada tanggal 21 Desember 2016 lalu dan setelah jabatan ketua umumnya usai, beliau beralih menjadi ketum PBSI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)