Risma Ungkap 4.000 Warga Berkebutuhan Khusus Dibebaskan dari Pasung

Jum'at, 16 Desember 2022 - 02:45 WIB
loading...
Risma Ungkap 4.000 Warga Berkebutuhan Khusus Dibebaskan dari Pasung
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan ada 4.000 warga berkebutuhan khusus yang dibebaskan dari pasung. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan ada 4.000 warga berkebutuhan khusus yang dibebaskan dari pasung. Membebaskan warga kebutuhan khusus yang dipasung itu merupakan salah satu kegiatan Kementerian Sosial (Kemensos) memperingati Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember.

“Ada 4.000 lebih yang sudah dibebaskan dari pasung. Supaya keluarga tidak terbebani,” kata Risma, Kamis (15/12/2022).

Risma mengatakan warga berkebutuhan khusus itu akan dimasukkan dalam data penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBI JK). Nantinya, warga tersebut akan mendapatkan pengobatan secara rutin dan gratis.





“Obatnya ini tidak boleh putus. Mereka akan tetap stabil kalau minum obat terus,” tuturnya.

Pihak keluarga pun diminta untuk segera mendaftarkan diri di Puskesmas sebagai PBI JK apabila memiliki anggota keluarga yang berkebutuhan khusus. Sehingga diharapkan tidak ada lagi keluarga yang menangani kebutuhan khusus dengan cara dipasung.

“Jadi tidak ada alasan lagi untuk dipasung. Kadang orang disekitarnya takut, image seperti itu yang harus kita ubah,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)