Hasto: Api Perjuangan Islam Gelorakan Bung Karno Bangun Sintesa Ideologi Pancasila

Kamis, 15 Desember 2022 - 16:55 WIB
loading...
A A A
“Itu menunjukkan bahwa pemikiran Bung Karno sangat relevan untuk dijabarkan dalam kebijakan luar negeri, dan juga diplomasi pertahanan agar pemerintah RI dapat mengambil inisiatif-inisiatif dalam membangun perdamaian dunia yang abadi,” urai Hasto.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin mengatakan Hasto memiliki kompetensi kuat berbicara tentang geopolitik Soekarno. Sebab pria kelahiran Yogyakarta itu telah menyelesaikan disertasinya terkait topik itu, dan Hasto juga seorang praktisi di dunia politik.

Terkait dengan figur Soekarno, Al Makin mengatakan tak bisa dipungkiri adalah sebagai founding father Indonesia. “Jadi sejarah Indonesia tak bisa dipisahkan dari sejarah Soekarno. Soekarno menjadi pemersatu kita, simbol kita yang patut kita gali, dan tulisan beliau sudah banyak sejak muda,” kata Al Makin.

Dia menambahkan, banyak gagasan Soekarno yang belum dipahami secara utuh apalagi dilaksanakan. “Dan saya kira Pak Hasto karena disertasinya juga tentang itu, maka saya kira akan banyak hal yang bisa kita dengarkan dan simak wawasan beliau tentang Soekarno,” kata Al Makin.

Dalam acara tersebut, Al Makin hadir bersama jajaran pengajar UIN Sunan Kalijaga, dan para mahasiswa kampus. Saat acara, Hasto sempat menyampaikan salam dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. “Salam dari Ibu Megawati Soekarnoputri untuk sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga,” kata Hasto.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)