KSAD Dudung soal Pangkat Tituler: Diberikan kepada Mereka yang Telah Berjasa

Selasa, 13 Desember 2022 - 19:36 WIB
loading...
KSAD Dudung soal Pangkat Tituler: Diberikan kepada Mereka yang Telah Berjasa
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjelaskan pangkat tituler ada di semua matra TNI, diberikan kepada mereka yang dinilai telah berjasa. Foto: MPI/Rizky Syahrial
A A A
JAKARTA - Kepala Satuan Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman angkat bicara soal artis Deddy Corbuzier yang menjadi Letnan Kolonel (Letkol) Tituler AD. Dudung mengakui pemberian pangkat kehormatan untuk Dedy itu diusulkan Kementerian Pertahanan langsung melalui Prajurit Cadangan Wajib (PCW) atau Balacad TNI AD.

"Itu dari Kemhan langsung karena beliau kan dari Balacad atau Komcad," ujar Dudung ditemui wartawan seusai acara peresmian Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (13/12/2022).



Ia menambahkan, pangkat tituler tersebut terdapat di semua matra TNI, yang diberikan kepada orang-orang yang berjasa.

"Banyak sih memang, Kalau pangkat tituler itu semua angkatan juga ada, yang diberikan kepada mereka yang telah berjasa terhadap angkatan," terang Dudung.

"Seperti di Angkatan Udara itu ada pilot, misalnya pilot Garuda dikasih pangkat Tituler, juga Letnan Kolonel karena menerbangkan pesawat. Jadi karena banyak berkontribusi pada angkatan," tambah dia.



Sebelumnya, Deddy Corbuzier telah menerima pangkat Pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat (AD) yang diberikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pangkat itu disahkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman.

Dengan pangkat itu, Deddy Corbuzier akan mendapatkan hak seperti anggota TNI, meski secara terbatas. "Seperti gaji, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, termasuk pelat TNI," jelas Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Kisdiyanto kepada wartawan, Minggu (11/12/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)