Erick Thohir Figur Cawapres yang Punya Kapasitas sebagai Pemimpin Bangsa

Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:20 WIB
loading...
Erick Thohir Figur Cawapres yang Punya Kapasitas sebagai Pemimpin Bangsa
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai cawapres yang punya kapasitas sebagai pemimpin bangsa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 semakin terbuka lebar. Erick Thohir dinilai punya kapasitas sebagai pemimpin bangsa.

Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Idil Akbar menilai, nama Erick Thohir semakin santer jelang memasuki tahun politik Pilpres 2024. Kepemimpinan Erick Thohir di BUMN terus mendapat perhatian besar masyarakat.

Kondisi demikian, tentu menjadi pengalaman berharga untuk bertarung dalam konstelasi Pilpres. Sebuah modal agar dapat menjadi penantang yang kompetitif. “Secara pengalaman (Erick Thohir) dia sudah cukup, dari sisi politik dia oke,” tutur Idil, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Survei Poltracking: Prabowo dan Erick Thohir Menteri dengan Tingkat Kepuasan Terbaik

Lebih dari itu Idil menyebut, Erick Thohir memiliki modal bagus yang tidak dipunyai banyak kandidat lain. Rekam jejak mentereng Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini sebagai pengusaha tidak perlu diragukan lagi.

Hal tersebut, mampu menjadikan Erick Thohir sebagai figur pemimpin yang selalu mengutamakan penguatan ekonomi. Imbasnya mendorong kesejahteraan masyarakat. “Lalu kemudian kepengusahaan dia juga udah kita tahu bersama,” sambungnya.

Baca juga: Dipilih PAN Jadi Cawapres 2024, Erick Thohir Dinilai Lebih Kuat dari Ridwan Kamil

Latar belakang tersebut, kata dia, menjadi bekal bagus dalam upaya penguatan ekonomi Indonesia ke depan. Sehingga mampu mempercepat capaian kebangkitan ekonomi pasca diterpa badai pandemi. “(Erick Thohir) cukup dinilai berhasilah, di luar soal perdebatan apa yang terjadi yah. Tapi saya pikir itu sudah jauh lebih baik,” ucapnya.

Terbukti dalam kepemimpinan Erick Thohir laba bersih BUMN terus meningkat signifikan. Tercatat dari sebesar Rp13,3 triliun pada 2020 menjadi Rp124,7 triliun atau naik 838,2% di 2021.

Sementara untuk pendapatan konsolidasi 2021 juga mengalami peningkatan signifikan. Naik menjadi Rp2.292,5 triliun, atau tumbuh 18,8% dibandingkan 2020.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2113 seconds (11.252#12.26)