Menko PMK: 122 Korban Meninggal Gempa Cianjur Terima Bantuan Rp15 Juta per Orang

Kamis, 08 Desember 2022 - 23:00 WIB
loading...
Menko PMK: 122 Korban Meninggal Gempa Cianjur Terima Bantuan Rp15 Juta per Orang
Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan keluarga 122 korban tewas gempa Cianjur telah menerima bantuan masing-masing Rp15 juta. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan sebanyak 122 korban meninggal gempa Cianjur telah menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan diserahkan Presiden Jokowi saat mengunjungi korban hari ini.

“Presiden barusan berkenan menyerahkan bantuan biaya pengganti rumah yang rusak baik yang berat ringan maupun sedang. Beliau juga meneyerahkan santunan keluarga yang meninggal kepada ahli warisnya,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Dampak Gempa Cianjur, 22.198 Rumah Rusak

Muhadjir mencatat, santunan ahli waris korban meninggal dunia akibat gempa tahap I diberikan kepada 122 jiwa dengan masing-masing jumlah santunan senilai Rp15 Juta. Bahkan, warga terdampak sudah bisa digunakan untuk melakukan renovasi.

Lebih lanjut, Muhadjir menuturkan, dalam kesempatan itu Jokowi berjanji, rumah warga yang terdampak parah di episenter gempa, dan fasilitas sosial seperti fasilitas sekolah, fasilitas umum seperti masjid yang akan segera dimulai oleh Kementerian PUPR.



Dia menerangkan, sebelumnya Jokowi telah berjanji akan segera melakukan proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga yang terdampak parah di episenter gempa, dan fasilitas sosial seperti fasilitas sekolah, fasilitas umum seperti masjid yang akan segera dimulai oleh Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan semuanya lancar. Saat ini baru tahap pertama, jumlahnya sekitar 8.100 rumah yang akan dibangun dari sekitar total 53 ribu rumah yang rusak, jadi masih perlu waktu,” jelasnya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2869 seconds (11.97#12.26)