Dipilih PAN Jadi Cawapres 2024, Erick Thohir Dinilai Lebih Kuat dari Ridwan Kamil

Rabu, 07 Desember 2022 - 14:46 WIB
loading...
Dipilih PAN Jadi Cawapres 2024, Erick Thohir Dinilai Lebih Kuat dari Ridwan Kamil
Arus bawah PAN menyuarakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir berpasangan di Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Arus bawah Partai Amanat Nasional (PAN) menyuarakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir berpasangan dan diberikan tiket untuk capres-cawapres pada Pilpres 2024. Mayoritas kader daerah PAN memberikan suara untuk Erick Thohir sebagai cawapres ketimbang Ridwan Kamil.

Kepala Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan Erick Thohir menjadi figur yang namanya sering dibicarakan dalam internal PAN. Sosoknya yang terbuka mampu menyedot dukungan dari para kader PAN di berbagai daerah. "Positioning Erick Thohir lebih kuat dalam cawapres ketimbang dengan Ridwan Kamil," kata Ari, Rabu (7/12/2022).

Kondisi demikian, dia menambahkan, tentu menjadi sebuah keunggulan bagi Erick Thohir yang tidak banyak dimiliki oleh kandidat potensial lainnya. Dari rekam jejak, pengaruh elektoral, kemampuan teknokratik dan logistik berpihak kepada Erick Thohir ketimbang Ridwan Kamil.

Baca juga: Terobosan Erick Thohir Bantu Pelaku UMK Diapresiasi

Erick berpengalaman menjadi ketua pemenangan yang bisa meredam ego sektoral partai pada koalisi. Hal ini tentu menguntungkan KIB dalam menjaga soliditas koalisi saat kompetisi Pilpres 2024. Kondisi tersebut tentu menempatkan Erick Thohir sebagai figur cawapres potensial untuk diusung oleh PAN. Sehingga kursi kosong cawapres dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dapat segera terisi. "Di KIB, saya kira Pak Erick Thohir itu punya peluang, karena beliau tokoh dari nonparpol yang selama bisa meyakinkan atau mendapatkan tiket dari masing-masing (parpol)," kata Ari.

Baca juga: PAN Beri Kode Dukung Erick Thohir di Pilpres 2024

Meski demikian dia percaya sosok seperti Erick Thohir tidak akan pernah mengusung politik identitas karena itu merupakan faktor terpenting dalam menjaga kondusivitas situasi perpolitikan di Tanah Air. "Nah kalau sekarang, saya kira antara Ridwan Kamil dengan Erick Thohir. Saya kira politik identitas tidak akan menjadi satu kunci ke depan," tandas Ari.
(cip)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (10.55#12.26)