Prabowo Ungkap Rahasia Teknik Pidatonya Kerap Tak Pakai Teks

Senin, 05 Desember 2022 - 12:39 WIB
loading...
Prabowo Ungkap Rahasia Teknik Pidatonya Kerap Tak Pakai Teks
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menyambangi kader Partai Gerindra Provinsi Jawa Barat di Bandung, Minggu (4/12/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkap rahasia teknik pidatonya agar audiens tertarik. Salah satu rahasianya adalah meninggikan suara saat dibutuhkan agar audiens tetap bersemangat.

"Kenapa saya bicara meledak-ledak? Kenapa saya bicara kadang-kadang dengan suara keras? Kenapa? Karena ada kadang-kadang yang ngantuk di belakang itu," ungkap Prabowo sambil tertawa saat menyambangi kader Partai Gerindra Provinsi Jawa Barat di Bandung, Minggu (4/12/2022).

Pernyataannya pun sontak mengundang gelak tawa para kader. Tak hanya melontarkan kelakar, Prabowo bahkan memberi contoh kader yang kerap terbangun ketika ia meneriakkan kata "perjuangan" di tengah pidatonya.



"Itu teknik pelatih saya dulu di Batujajar. Prajurit kalau lelah (akan dikagetkan). Kasihan tadi ada emak-emak mungkin (datang) dari jauh, begitu ada yang ngantuk, suara saya, saya kerasin sedikit. Itu rahasianya," ujarnya.

Kerap berpidato tanpa teks, Prabowo mengatakan bahwa dalam berpidato, ia ingin berbicara dari hati. "Saya bicara tidak pakai teks, tidak ada tulisan. Saya bicara dari hati saya," katanya.

Adapun, Prabowo mengatakan tips lainnya dalam berpidato adalah menyelipkan humor atau guyon. Hal ini kerap dilakukannya dalam hampir setiap pidato.

Dalam pertemuan itu Prabowo juga memberikan sejumlah arahan. Salah satu yang ia tekankan adalah kesetiaan pada rakyat harus menjadi dasar langkah para kader membangun bangsa.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9258 seconds (0.1#10.140)