Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara Berikut Contohnya

Senin, 05 Desember 2022 - 12:07 WIB
loading...
A A A
Menjaga perkataan yang baik kepada orang lain merupakan suatu sikap berbangsa dan bernegara. Hal tersebut dikarenakan bahwa ketika seseorang tidak memiliki perkataan yang baik bisa menimbulkan perpecahan atas persatuan dan kesatuan yang sudah dibangun.

3. Selalu menjalankan kewajiban sebagai warga negara

Menjalankan kewajiban sebagai warga negara adalah dengan menaati seluruh peraturan yang sudah berlaku dalam suatu negara. Menaati suatu aturan merupakan hal yang harus dilakukan untuk menciptakan keamanan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Nuning: Pancasila Harus Jadi Pedoman Hidup Berbangsa dan Bernegara

4. Memiliki jiwa gotong royong

Bersikap gotong royong merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan negara. Sikap ini adalah bentuk upaya dari setiap warga negara dalam menghindari sikap individualisme.

5. Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi

Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi merupakan hal yang dianjurkan dilakukan oleh warga negara. Hal tersebut dikarenakan bahwa sikap ini memiliki makna bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara.

6. Saling menghormati di setiap perbedaan

Bentuk sikap kesadaran berbangsa dan bernegara bisa dilakukan dengan cara menghormati setiap perbedaan yang ada dalam masyarakat. Perbedaan yang dimaksud adalah perbedaan dalam perihal suku dan agama serta keberagaman lainnya yang ada dalam suatu negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)