Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara Berikut Contohnya

Senin, 05 Desember 2022 - 12:07 WIB
loading...
Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara Berikut Contohnya
Sadar berbangsa dan bernegara merupakan sikap individu dalam sebuah negara. Foto DOK Kesbangpol Klungkung
A A A
JAKARTA - Sadar berbangsa dan bernegara merupakan sikap individu dalam sebuah negara . Pelaksanaannya sangat diperlukan dalam membangun persatuan dan kesatuan .

Kesadaran merupakan sebuah sikap yang digunakan untuk mengetahui keadaan dan keberadaan seseorang. Kesadaran berbangsa dan bernegara memiliki makna bahwa adanya sebuah kondisi dimana setiap individu mengetahui bahwa ia hidup bawah naungan sebuah negara.

Baca juga : Filosofi Wayang Masih Aktual Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dikutip dari laman balitbangdiklat.kemenag.go.id, bahwa berbangsa adalah manusia yang beretika, bermoral dan berakhlak mulia dalam mewujudkan makna kesatuan dan persatuan bangsa dan negara.

Sedangkan dalam bernegara adalah orang yang mempunyai kesamaan kepentingan yang menyatakan dirinya sebagai bangsa dan berproses dalam suatu negara.

Dengan adanya pengertian tersebut, sikap sadar berbangsa dan bernegara adalah sikap atau perilaku individu dalam suatu negara yang memiliki akhlak yang mulia dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa yang berasal dari individu dari ras agama keturunan yang berbeda.

Contoh sikap kesadaran berbangsa dan bernegara.

1. Menghargai pendapat orang lain

Menghargai pendapat orang lain merupakan suatu hal yang penting dalam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Berbagai pendapat yang berbeda akan mudah ditemui dalam setiap kegiatan sosial dalam masyarakat.
Dengan adanya hal tersebut maka menjadi penting untuk selalu menghargai pendapat orang lain, demi menjaga keamanan dan ketenteraman hidup yang selalu berdampingan dengan orang lain.

2. Selalu menjaga perkataan yang baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)