Dampak Erupsi Semeru, 2.219 Warga Mengungsi

Minggu, 04 Desember 2022 - 23:12 WIB
loading...
Dampak Erupsi Semeru, 2.219 Warga Mengungsi
Awan panas dari erupsi di Gunung Semeru, Lumajang, Jatim. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) terus meng-update setelah terjadinya erupsi di Gunung Semeru , Lumajang, Jatim. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tercatat 2.219 jiwa mengungsi ke posko bencana yang telah disiapkan.

"Saat ini setidaknya ada 12 titik pengungsian dengan jumlah pengungsi 2.219 jiwa," ujar Khofifah melalui laman Instagram miliknya, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: BREAKING NEWS, Gunung Semeru Meletus

Sampai saat ini, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Bupati Lumajang dan stakeholder lainnya untuk segera mendirikan dapur umum untuk kepentingan masyarakat.

"Saya juga koordinasi BPBD Jatim agar langsung turun melakukan evakuasi dan mendirikan dapur umum. Sesuai koordinasi dengan Bupati Lumajang dapur umum dianjurkan di Pronojiwo khususnya daerah yang dekat dengan Desa Supit Urang yang terdampak paling parah," terangnya.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Begini Situasi Terkini

Untuk diketahui, PVMBG menaikkan status erupsi Gunung Semeru dari Siaga atau level III, menjadi awas atau level IV. Demikian terhitung sejak pukul 12.00 WIB pada Minggu siang ini (4/12/2022).

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Api Semeru dari 'Siaga' menjadi 'Awas'," tulis akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun media sosialnya @BNPB_Indonesia.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4147 seconds (11.252#12.26)