Baznas Borong Empat Penghargaan IFA Award

Sabtu, 03 Desember 2022 - 22:11 WIB
loading...
Baznas Borong Empat Penghargaan IFA Award
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih empat penghargaan sekaligus di ajang Indonesia Fundraising Award 2022 (IFA Award). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) meraih empat penghargaan sekaligus di ajang Indonesia Fundraising Award 2022 (IFA Award). Salah satu penghargaan yang diraih pada kategori Best of The Best Fundraising Digital Terbaik 2022.

Selain itu, juga meraih Best of The Best Inovasi Fundraising Terbaik 2022, The Best of Fundraising Zakat Terbaik 2022, dan The Best of Fundraiser Terbaik 2022. Adapun untuk kategori The Best of Fundraiser Terbaik 2022 diraih oleh Direktur Layanan dan Promosi Baznas Rulli Kurniawan.

Penghargaan diserahkan dalam acara Panggung Penyerahan IFA Award 2022 di Hotel Arosa, Jakarta, Rabu (30/11/2022). "Alhamdulillah, terima kasih kami haturkan kepada Institut Fundraising Indonesia atas penghargaan yang diberikan. Kami sangat bangga atas apresiasi yang diberikan," kata Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan H Rizaludin Kurniawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2022).

Baca juga: Wapres Luncurkan Beasiswa Cendekia Baznas di Mesir, 300 Mahasiswa Terima Pendanaan

Dia berharap penghargaan yang diterima dapat terus memacu Baznas untuk terus memberikan yang terbaik di tengah masyarakat yang membutuhkan. "Penghargaan ini adalah apresiasi bagi seluruh amil Gerakan Zakat Indonesia yang telah bekerja keras, baik di Baznas seluruh Indonesia maupun di LAZ," katanya.

Menurutnya, motivasi menghimpun untuk lembaga filantropi seperti Baznas adalah keinginan untuk banyak memberi manfaat kepada mustahik. Dia menjelaskan, tujuan Baznas adalah untuk menyejahterakan umat dan mengentaskan kemiskinan.

"Jadi, penghimpunan yang maksimal akan menjadi motivasi untuk menebar kebaikan kepada mustahik," ujar Rizal.

Raihan dalam kategori Best of The Best Fundraising Digital Terbaik 2022 merupakan buah dari upaya Baznas yang terus berupaya memanfaatkan digitalisasi untuk memaksimalkan potensi zakat agar lebih optimal. Baznas, kata dia, terus berupaya memberi kemudahan bagi masyarakat melalui Zakat Online Baznas yang digaungkan dalam beberapa tahun terakhir.

"Dunia digital terus berkembang dan telah merambah setiap sendi kehidupan masyarakat. Kini masyarakat mengubah transaksi di banyak sektor, termasuk dalam pembayaran zakat. Tren baru ini tentu menuntut lembaga zakat untuk beradaptasi, dan Baznas siap beradaptasi," katanya.

Selain itu, beragam inovasi juga terus dilakukan Baznas dalam mengelola dan mengumpulkan dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat, yakni kampanye atau ajakan zakat yang masif, pelayanan pembayaran, dan pembukaan kanal donasi. Melalui inovasi layanan, penghimpunan dana ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) terus mengalami peningkatan signifikan.

"Inovasi yang dilakukan Baznas diimbangi dengan prinsip 3A yang digenggam Baznas, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Berbekal prinsip itu, kami berfokus pada menjaga kepercayaan publik dengan transparansi dan akuntabilitas," katanya.

Hal tersebut, kata dia, berimbas pada meningkatnya pengumpulan dan semakin banyak mustahik yang terbantu melalui program produktif Baznas. "Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini akan sangat memotivasi kami untuk terus menebarkan manfaat dan kebaikan zakat untuk membantu sesama," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)