Hebat! Ayah dan Anak Lulusan Terbaik Akmil, Raih Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:07 WIB
loading...
A A A
Selama meniti kariernya di militer, SBY pernah menduduki sejumlah jabatan penting di TNI di antaranya, Dan Brigif Linud 17 Kujang 1 Kostrad, Asops Kodam Jaya, Danrem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro, Kasdam Jaya, Pangdam II/Sriwijaya. Termasuk Kepala Staf Teritorial TNI.

Hebat! Ayah dan Anak Lulusan Terbaik Akmil, Raih Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama

Foto/Instagram AHY

Selain mentereng dalam karier militer, SBY juga memiliki segudang prestasi akademis. SBY tercatat pernah mengenyam pendidikan di On the job training in 82-nd Airbone Division (Fort Bragg) Amerika Serikat, Jungle Warfare School (Panama, Kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman pada 1984.

“Yudhoyono mekar karena dia mampu memekarkan dirinya sendiri. Bukan dimekarkan oleh orang lain,” ucap mantan Panglima ABRI (Pangab) Jenderal TNI Purn Faisal Tanjung.

Menantu dari Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini dikaruniai dua putra yakni, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengikuti dan menyamai jejak serta prestasi SBY, lulus dari Akmil 2000 dengan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono, lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang yang kemudian menekuni ilmu ekonomi.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Mengikuti jejak ayahnya, putra sulung SBY ini menjadi lulusan terbaik Akmil 2000 yang juga meraih Bintang Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. Lahir di Bandung, Jawa Barat pada 10 Agustus 1978, AHY mengawali pengabdiannya di TNI dari kecabangan infanteri.

Di TNI, AHY pernah menduduki sejumlah jabatan strategis. Di antaranya sebagai Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh.

Kemudian, menjadi Komandan Kompi (Danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak pada 2007 dan meraih penghargaan sebagai komandan kompi terbaik. AHY sempat dimintai kontribusinya oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono untuk bergabung dalam tim pendirian Universitas Pertahanan (Unhan).

AHY kemudian melanjutkan pendidikan militernya di US Army Maneuver Captain Career Course di Fort Benning, Amerika Serikat pada tahun 2011 dan menjadi lulusan terbaik. AHY juga meraih Medali dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, The Order of Saint Maurice dari Pimpinan Infanteri Nasional AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)