Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru

Selasa, 29 November 2022 - 08:32 WIB
loading...
A A A
Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru


Agus Suhartono menjabat sebagai Panglima TNI di periode kedua pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tepatnya sejak 28 September 2010 hingga 30 Agustus 2013 menggantikan Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso. Agus tercatat dalam sejarah TNI sebagai panglima kedua dari matra Angkatan Laut. Tentara kelahiran Blitar, 25 Agustus 1955 itu menjalani tugas sebagai Panglima TNI selama hampir tiga tahun hingga ia pensiun.

Dia memulai pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) dan menamatkannya pada tahun 1978. Selain AAL, ia juga menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Komando TNI AL pada 1994, Sesko TNI tahun 1999, dan Lembaga Ketahanan Nasional pada 2003.

Agus diajukan oleh Presiden SBY sebagai calon tunggal Panglima TNI saat itu. Kemudian, usai menjalani uji kelayakan, Agus dinyatakan lolos oleh DPR lalu diangkat menjadi Panglima TNI. Karena sepak terjangnya di dunia kelautan, Agus Suhartono dijuluki sebagai salah satu penakluk samudera di jajaran elite TNI AL.

3. Laksamana TNI Yudo Margono

Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru


Yudo Margono adalah seorang perwira tinggi (Pati) TNI AL yang menjabat KSAL sejak 20 Mei 2020. Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang menjadi pucuk pimpinan di TNI AL sebelumnya.

Yudo Margono lahir di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Madiun, Jawa Timur pada 26 November 1965. Ia berasal dari keluarga sederhana. Pekerjaan orang tuanya adalah petani.

Ia mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Mejayan. Dalam riwayat pendidikannya, dia pernah menjadi bagian dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-33 dan lulus tahun 1988.

Sepak terjangnya di TNI Angkatan Laut terbilang cukup cemerlang. Dia pernah menjadi Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 (1988) sebelum akhirnya menempati posisi Kadep Ops KRI Ki Hadjar Dewantara 364. Selain itu, Yudo Margono juga pernah menempati jabatan strategis seperti Komandan KRI Ahmad Yani-351, Komandan Lanal Sorong (2008), Komandan Satkor Koarmatim, hingga Komandan Kolat Koarmabar tahun 2012. Baca juga: Perbandingan Kekayaan Andika Perkasa dan Calon Panglima TNI Yudo Margono
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)