Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru

Selasa, 29 November 2022 - 08:32 WIB
loading...
Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono resmi ditunjuk Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Ia menjadi calon tunggal yang diajukan ke DPR.

Panglima TNI merupakan pejabat yang menjadi pucuk pimpinan tertinggi dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam sejarah berdirinya TNI, posisi Panglima TNI didominasi dari matra Angkatan Darat. Baca juga: Biografi dan Deretan Brevet Yudo Margono, Panglima TNI dari Keluarga Petani



Sementara dari Matra Angkatan Laut tercatat baru dua nama saja. Ditunjuknya Yudo Margono menjadi Panglima TNI melalui Surat Presiden (Surpres) menjadi sejarah baru bagi matra Angkatan Laut.

Otomatis nama Yudo Margono akan menambah deretan sosok Panglima TNI yang berasal dari matra laut. Dia akan menjadi orang ketiga dari TNI AL mengisi posisi tertinggi di tubuh angkatan bersenjata Indonesia. Berikut daftar Panglima TNI yang berasal dari TNI Angkatan Laut:

1. Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto

Daftar Panglima TNI dari Matra AL, Laksamana Yudo Margono Catatkan Sejarah Baru


Widodo Adi Sutjipto menjabat sebagai Panglima TNI sejak 26 Oktober 1999 hingga 7 Juni 2002. Sebelumnya, ia merupakan Wakil Panglima TNI. Pria kelahiran Boyolali, 1 Agustus 1944 itu menjadi Panglima TNI di era Presiden Abdurrahman Wahid dan Presiden Megawati Soekarnoputri. Selain itu, di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Widodo pernah diamanahi posisi Menko Polhukam (Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan Indonesia) yang dilantik pada 20 Oktober 2004. Kemudian ia menjadi Menpan RB (ad interim) dan Menteri Dalam Negeri (ad interim).

Widodo masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1968. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia langsung mengemban tugas sebagai Perwira Senjata di Kapal Penjelajah Irian. Widodo menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut sebelum diangkat menjadi Wakil Panglima TNI oleh Presiden BJ Habibie pada tahun 1999. Dalam sejarah militer Indonesia, Widodo AS merupakan Panglima TNI pertama dari matra Angkatan Laut.

2. Laksamana TNI Agus Suhartono
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3634 seconds (10.55#12.26)