Prabowo: Cari Pemimpin yang Berani, Cerdas, Visi Tangguh

Jum'at, 25 November 2022 - 16:30 WIB
loading...
Prabowo: Cari Pemimpin yang Berani, Cerdas, Visi Tangguh
Menhan Prabowo Subianto menyarankan kepada anak muda agar dapat mencari pemimpin yang memiliki karakter berani, cerdas, dan mempunyai visi yang tangguh. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyarankan kepada anak muda agar dapat mencari pemimpin yang memiliki karakter berani, cerdas, dan mempunyai visi yang tangguh.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat memaparkan materi bertajuk "Leadership in a Polarized World" dalam acara IDEA Fest 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022).

"Jadi carilah pemimpin yang berani, yang cerdas, yang visinya tangguh. Ini secara alamiah. Kalau bodoh, mana bisa cari solusi," kata Prabowo.



Prabowo mengatakan, pemimpin harus memiliki sifat yang dapat memberi arah. Prabowo memberi contoh sosok pemimpin di era manusia purba. Saat era primitif, manusia hidup berkelompok. Dalam kelompok itu, sosok pemimpin yang dibutuhkan yakni dapat mencari arah untuk mencari makan.



"Karena dulu waktu masih hunter-gether, kita cari makan dengan berburu dengan makan buah atau tanaman. Jadi pemimpin adalah yang bisa memberi arah. Oh dia bisa baca di mana ada mangsa, dia biasanya fisiknya kuat, berani karena bisa hadapi binatang buas, dia menjadi pemimpin," kata Prabowo.

Tak hanya di era primitif, sosok pemimpin yang memiliki naluri itu dinilai Prabowo juga terjadi pada era revolusi pertanian dan revolusi industri. Kemudian terjadi revolusi pertanian, siapa yang bisa mencari benih-benih bagus, siapa yang bisa amankan sumber air, dia menjadi pemimpin. Kemudian terjadi revolusi industri, industri teknologi, digital.

"Jadi saudara-saudara, pemimpin akhirnya adalah, manusia dalam sebuah kelompok yang bisa memberi arah untuk survival. Nanti pemimpin di antara kalian adalah siapa yang bisa memberi arah, yang bisa meyakinkan mendapat makan, air minum, tempat berlindung, dan memberi rasa aman dari ancaman manusia dan binatang buas," tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)