Perkuat Ekonomi Umat, Ditjen Bimas Kemenag Luncurkan Program Kampung Zakat

Kamis, 24 November 2022 - 13:05 WIB
loading...
Perkuat Ekonomi Umat, Ditjen Bimas Kemenag Luncurkan Program Kampung Zakat
Ditjen Bimas Islam Kemenag melaunching Diseminasi Program Kampung Zakat untuk memperbaiki, menumbuhkan, serta memperkuat ekonomi umat di tengah situasi dan kondisi dunia yang tak menentu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) melaunching Diseminasi Program Kampung Zakat untuk memperbaiki, menumbuhkan, serta memperkuat ekonomi umat di tengah situasi dan kondisi dunia yang tak menentu.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan program unggulan ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah dalam membantu umat khususnya masyarakat kurang mampu yang tinggal di pelosok. Baca juga: Kemenag Gelar Konferensi Internasional Bahas Akselerasi Transformasi Digital Madrasah

“Pertama, ini wujud nyata kepedulian pemerintah dalam me-recovery, menumbuhkan sekaligus menguatkan ekonomi umat setelah dihantam dampak destruktif badai pandemi Covid-19,” ujar Kamaruddin Amin kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Jauh hari sebelum dilaunching langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, lanjut Kamaruddin, Direktorat Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam telah membangun 18 Kampung Zakat di berbagai wilayah yang sukses mengubah ekonomi umat dan daerah.

“Perlu dicatat, manfaat Kampung Zakat ini dapat dirasakan oleh seluruh umat beragama, bukan hanya umat Islam. Tidak sedikit umat beragama lainnya membuka usaha atau jasa bernilai ekonomis di sekitar Kampung Zakat,” jelas Kamaruddin.

Umat dan daerah yang mendapatkan Program Kampung Zakat akan diberikan modal usaha dan pembinaan untuk mengakselerasi nilai ekonomis dari budaya, ciri khas, atau kearifan lokal daerah agar memiliki nilai jual dan pasar.

“Yang pasti, Program Kampung Zakat adalah wadah peningkatan ekonomi masyarakat, tempat interaksi sosial masyarakat untuk mengentalkan ruh moderasi beragama di Tanah Air,” pungkas Kamaruddin.

Sementara itu, Direktur Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi Tohor menuturkan pihaknya menarget pembangunan Kampung Zakat di seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Tarmizi mengatakan Direktorat Zakat dan Wakaf saat terus memperkuat sinergi dengan Baznas dan pemerintah daerah agar program strategis pemerintah ini dapat segera cepat terlaksana.

“Target kita 514 kabupaten-kota ada Kampung Zakatnya. Tahun ini sudah 18 dan 2023 nanti, kita akan bangun 20 Kampung Zakat baru yang di daerah terpencil dengan tingkat ekonomi masyarakat di bawah rata-rata,” kata Tarmizi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)