Masa Transisi dari Pandemi ke Endemi, Wamenkes: Wujudkan Lingkungan Sehat

Rabu, 23 November 2022 - 18:12 WIB
loading...
Masa Transisi dari Pandemi ke Endemi, Wamenkes: Wujudkan Lingkungan Sehat
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono dalam acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan sebagai rangkaian Peringatan HKN yang ke-58, di Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, masa transisi dari pandemi dan endemi merupakan momentum untuk wujudkan lingkungan sehat. Dengan begitu kata Wamenkes, diharapkan pulihnya berbagai sektor kesehatan di masyarakat, sehingga Indonesia sehat dan tangguh.

Pandangan ini disampaikan Wamenkes dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022, dengan mengangkat tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku, Rabu (23/11/2022).

"Semangat ini membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi," kata Dante saat memberikan kata sambutan mewakili Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan sebagai rangkaian Peringatan HKN yang ke-58, di Jakarta.

"Rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional memberikan kontribusi dalam mewujudkan lingkungan sehat dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal," tambahnya.

Baca juga: Perbedaan Endemi dan Pandemi

Dante menambahkan, Kementerian Kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

Enam pilar transformasi kesehatan tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan.

"Salah satu wujud transformasi kesehatan adalah melalui pemberian apresiasi/penghargaan kepada para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk implementasi aksi dalam mewujudkan berbagai program kesehatan (termasuk program penyehatan lingkungan) dalam rangka percepatan pencapaian indikator pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMN dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024," jelas Dante.

Dante menambahkan, lingkungan sehat adalah salah satu bentuk upaya preventif dan promotif pengendalian penyakit berbasis lingkungan dimana paradigma sehat harus diimplementasikan di segala lini seperti di tempat fasilitas umum (bandar udara, pelabuhan, terminal, rumah sakit, dan restoran, kantin).

"Dalam upaya mewujudkan lingkungan sehat tersebut perlu percepatan secara strategis melalui pemberian penghargaan, sebagai salah satu bentuk pembinaan dan advokasi dalam mendorong keberhasilan program karena dapat menstimulasi penyelenggaraan kesehatan lingkungan serta apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah, petugas kesehatan lingkungan, pelaku usaha, institusi dan tokoh masyarakat," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)