Survei PSI: Masyarakat Ingin Airlangga Jadi Presiden karena Berhasil Atasi Pandemi

Senin, 21 November 2022 - 17:43 WIB
loading...
A A A
Tentu factor-faktor tersebut menjadi dasar bagi preferensi masyarakat untuk menentukan pilihannya di pilpres dan pemilu legislatif. Airlangga, Hartarto yang kebetulan diberi tanggung jawab oleh Presiden Jokowi untuk menanggulangi Covid-19 dan melakukan pemulihan ekonomi dinilai publik sangat berhasil, sehingga berdampak pada tingkat elektabilitas yang tinggi jika pemilihan presiden digelar nanti.

Dengan pertanyaan spontanitas, Airlangga dipilih sebanyak 19,7% dan dengan simulasi nama-nama tokoh yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini dengan pertanyaan tertutup Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 25,3%.

Menanggapi hasil survey ini, Professor Alfa University College (AUC) Malaysia Erman Anom yang juga pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul (UEU), mengatakan, survei yang dilakukan PSI membuktikan Airlangga masih menjadi sosok yang diinginkan sebagai calon presiden 2024.

"Survei PSI itu menunjukkan bahwa Airlangga sosok yang diharapkan untuk melanjutkan kepempimpinan Presiden Jokowi, karena pengalamannya sebagai Menko Perekonomian telah menjadi kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga, " katanya.

Erman menilai Airlangga mampu membawa perbaikan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. "Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga untuk maju sebagai presiden 2024 sangat didukung," ucapnya.

Selain itu, sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga memengaruhi suara Pileg 2024. "Selain berpengaruh di suara pileg, Airlangga juga sebagai capres yang di inginkan pemilih yang ingin perubahan bagi perekonomian," bebernya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8146 seconds (0.1#10.140)