Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan

Sabtu, 19 November 2022 - 11:32 WIB
loading...
Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan
Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Bakal Calon Presiden RI, Anies Baswedan menggelar pertemuan kecil dengan tim koalisi perubahan, Jumat (18/11/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pasangan yang paling kuat bagi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Eletabilitas Anies-AHY paling tinggi dibandingkan duet Anies dengan nama lain.

Hal ini terungkap dari survei nasional yang dilakukan lembaga survei Voxpol Center periode 22 Oktober-8 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam simulasi dua poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas sampai 50,7%, sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan meraih elektabilitas 46,3%.

Kombinasi pasangan Anies-Khofifah diprediksi mendapat elektabilitas 42,9%. Sedangkan pasangan Anies-Andika diramalkan memperoleh elektabilitas 46,9%.



Simulasi dua poros ini mengasumsikan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS bertarung melawan koalisi raksasa PDIP-Gerindra-Golkar-PKB-PAN-PPP.

Dalam simulasi tiga poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3%. Sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan mendapat elektabilitas 29,3%.

Dalam kombinasi lain, pasangan Anies-Khofifah diprediksi meraih elektabilitas 28,2%. Ini sedikit lebih rendah ketimbang pasangan Anies-Andika yang diperkirakan mendapat elektabilitas 32,5% atau pasangan Anies-Sandiaga Uno yang diramalkan mendapat elektabilitas 33,8%.

Dalam simulasi tiga poros ini, koalisi Nasdem-Demokrat-PKS diperkirakan bertarung melawan koalisi PDIP-Golkar-PAN-PPP serta koalisi Gerindra-PKB. Ada pula asumsi PDIP berkoalisi dengan Gerindra-PKB, menghadapi koalisi Golkar-PAN-PPP dan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS.

Baca juga: PKS Pastikan Tim Kecil Tak Pernah Bahas Wacana Duet Anies-Gibran

Dalam simulasi empat poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 38,4 persen. Sementara pasangan Anies-Ahmad Heryawan (Aher) memperoleh 28,7 persen.

Kombinasi pasangan Anies-Khofifah Indar Parawansa memperoleh elektabilitas 30,1 persen, setara dengan elektabilitas yang diperoleh pasangan Anies-Andika Perkasa.

Simulasi empat poros mengasumsikan PDIP maju sendiri berhadapan dengan koalisi Golkar-PAN-PPP, koalisi Gerindra-PKB, serta koalisi Nasdem-Demokrat-PKS.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Syarwi Pangi Chaniago mengungkapkan, AHY menjadi cawapres yang paling potensial bagi Anies Baswedan karena sejumlah faktor. "Pertama, AHY selama ini memang unggul secara elektabilitas, terutama dalam posisi sebagai cawapres," kata Pangi yang sedang menempuh pendidikan Doktoral di Unair.

Kedua, kata Pangi, AHY adalah pengambil keputusan kunci. Posisinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai membuat AHY menjadi figur yang ikut mengambil keputusan tentang siapa capres dan cawapres yang akan diusung Partai Demokrat.

Ketiga, sebagai mantan perwira militer, yang kini menjabat Ketua Umum dari partai yang asasnya nasionalis-religius, AHY menjadi sosok yang nasionalismenya tidak perlu diragukan lagi. "AHY selama belasan tahun mempertaruhkan nyawanya untuk membela bangsa dan negara, Pancasila dan UUD 1945, apalagi yang kurang?" ujar Pangi.

Hasil survei nasional ini memperkuat temuan serupa dalam survei se-Jakarta yang dilakukan lembaga survei Indostrategic periode September-Oktober 2022 serta survei se-Jawa yang dilaksanakan lembaga survei The Republic Institute pada periode Agustus-September 2022 lalu.

Survei nasional Voxpol Center dilaksanakan atas 1.220 responden di 34 provinsi di Indonesia, yang diseleksi secara acak berdasarkan TPS dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2019. Tingkat kepercayaannya lebih kurang 95%, dengan margin of error 28,1%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)