Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan

Sabtu, 19 November 2022 - 11:32 WIB
loading...
A A A
Kombinasi pasangan Anies-Khofifah Indar Parawansa memperoleh elektabilitas 30,1 persen, setara dengan elektabilitas yang diperoleh pasangan Anies-Andika Perkasa.

Simulasi empat poros mengasumsikan PDIP maju sendiri berhadapan dengan koalisi Golkar-PAN-PPP, koalisi Gerindra-PKB, serta koalisi Nasdem-Demokrat-PKS.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Syarwi Pangi Chaniago mengungkapkan, AHY menjadi cawapres yang paling potensial bagi Anies Baswedan karena sejumlah faktor. "Pertama, AHY selama ini memang unggul secara elektabilitas, terutama dalam posisi sebagai cawapres," kata Pangi yang sedang menempuh pendidikan Doktoral di Unair.

Kedua, kata Pangi, AHY adalah pengambil keputusan kunci. Posisinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai membuat AHY menjadi figur yang ikut mengambil keputusan tentang siapa capres dan cawapres yang akan diusung Partai Demokrat.

Ketiga, sebagai mantan perwira militer, yang kini menjabat Ketua Umum dari partai yang asasnya nasionalis-religius, AHY menjadi sosok yang nasionalismenya tidak perlu diragukan lagi. "AHY selama belasan tahun mempertaruhkan nyawanya untuk membela bangsa dan negara, Pancasila dan UUD 1945, apalagi yang kurang?" ujar Pangi.

Hasil survei nasional ini memperkuat temuan serupa dalam survei se-Jakarta yang dilakukan lembaga survei Indostrategic periode September-Oktober 2022 serta survei se-Jawa yang dilaksanakan lembaga survei The Republic Institute pada periode Agustus-September 2022 lalu.

Survei nasional Voxpol Center dilaksanakan atas 1.220 responden di 34 provinsi di Indonesia, yang diseleksi secara acak berdasarkan TPS dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2019. Tingkat kepercayaannya lebih kurang 95%, dengan margin of error 28,1%.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)