Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan

Sabtu, 19 November 2022 - 11:32 WIB
loading...
Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan
Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Bakal Calon Presiden RI, Anies Baswedan menggelar pertemuan kecil dengan tim koalisi perubahan, Jumat (18/11/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pasangan yang paling kuat bagi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Eletabilitas Anies-AHY paling tinggi dibandingkan duet Anies dengan nama lain.

Hal ini terungkap dari survei nasional yang dilakukan lembaga survei Voxpol Center periode 22 Oktober-8 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam simulasi dua poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas sampai 50,7%, sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan meraih elektabilitas 46,3%.

Kombinasi pasangan Anies-Khofifah diprediksi mendapat elektabilitas 42,9%. Sedangkan pasangan Anies-Andika diramalkan memperoleh elektabilitas 46,9%.



Simulasi dua poros ini mengasumsikan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS bertarung melawan koalisi raksasa PDIP-Gerindra-Golkar-PKB-PAN-PPP.

Dalam simulasi tiga poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3%. Sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan mendapat elektabilitas 29,3%.

Dalam kombinasi lain, pasangan Anies-Khofifah diprediksi meraih elektabilitas 28,2%. Ini sedikit lebih rendah ketimbang pasangan Anies-Andika yang diperkirakan mendapat elektabilitas 32,5% atau pasangan Anies-Sandiaga Uno yang diramalkan mendapat elektabilitas 33,8%.

Dalam simulasi tiga poros ini, koalisi Nasdem-Demokrat-PKS diperkirakan bertarung melawan koalisi PDIP-Golkar-PAN-PPP serta koalisi Gerindra-PKB. Ada pula asumsi PDIP berkoalisi dengan Gerindra-PKB, menghadapi koalisi Golkar-PAN-PPP dan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS.

Baca juga: PKS Pastikan Tim Kecil Tak Pernah Bahas Wacana Duet Anies-Gibran

Dalam simulasi empat poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 38,4 persen. Sementara pasangan Anies-Ahmad Heryawan (Aher) memperoleh 28,7 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)