Survei SSI: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Apabila Pilpres Dilakukan 2 Putaran

Jum'at, 18 November 2022 - 12:53 WIB
loading...
Survei SSI: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Apabila Pilpres Dilakukan 2 Putaran
Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) menyampaikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dari nama-nama lainnya apabila pilpres dilakukan pada hari ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) menyampaikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dari nama-nama lainnya apabila pilpres dilakukan pada hari ini. Hal itu berdasarkan hasil analisis terkait perkembangan hasil Pemilu 2024 mendatang.

SSI menempatkan terdapat empat gugus dalam perhelatan Pilpres 2024 yakni PDIP dengan total kursi 22,3% tanpa harus berkoalisi, sedangkan gugus kedua terdapat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dalam hal ini adalah Golkar, PAN, PPP dengan total kursi 25,7%.

Selanjutnya, koalisi Partai Gerindra-PKB apabila digabungkan akan menjadi 23,7% dan gugus terakhir adalah Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS dengan gabungan kursi 28,3%.

"Seandainya pilpres dilakukan pada hari ini ada empat nama yang akan maju yaitu, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Puan Maharani, maka capres yang akan dipilih adalah Ganjar Pranowo sebanyak 28,6%, disusul Prabowo Subianto sebesar 26,3%, Anies Baswedan 23,3% dan Puan Maharani 0,7%," ujar Direktur SSI Abdul Hakim kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Kendati sudah diketahui siapa pemenanganya, menurutnya hal tersebut masih belum mencukupi ketentuan 50% plus 1 untuk mengunci kemenangan kontestasi Pilpres 2024.

"Itu artinya pilpres tidak akan selesai pada satu babak saja. Sangat besar potensinya pilpres harus dilanjutkan pada babak kedua dan yang memiliki peluang untuk maju ke babak selanjutnya adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto," jelasnya.

Di babak penentuan inilah, kata Abdul, apabila Ganjar dan Prabowo dipertemukan dalam ronde selanjutnya, maka besar kemungkinan Prabowo menang dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

"Prabowo Subianto punya potensi besar untuk mengalahkan Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 35,3% untuk Prabowo dan 33,8% untuk Ganjar Pranowo. Memang yang masih belum memutuskan sebanyak 33,8%, akan tetapi angka tersebut didistribusikan secara proporsional kepada keduanya dan akan mengumpulkan suara sekitar 50% untuk Prabowo Subianto," terangnya.

Sample pengumpulan survei sendiri dilakukan dengan melibatkan 1.200 koresponden di 34 provinsi yang ada di Indonesia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)