Elektabilitas Prabowo Tetap Bertengger di Puncak meski Tak Aktif Bersolek di Medsos

Rabu, 16 November 2022 - 01:59 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo Tetap Bertengger di Puncak meski Tak Aktif Bersolek di Medsos
Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di sejumlah lembaga survei masih tertinggi. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertengger di puncak elektabilitas berdasarkan hasil survei Lembaga Political Weather Station (PWS). Survei itu dilakukan pada 4 hingga 16 November 2022.

Peneliti Senior PWS Sharazani mengatakan, puncak elektabilitas Prabowo relatif belum tergoyahkan meskipun tidak aktif bersolek di media sosial. Namun, kata dia, Prabowo masih unggul atas nama tokoh nasional yang berpotensi menjadi calon presiden (Capres) 2024.

"Berdasarkan hasil telesurvey PWS ditemukan fakta bahwa posisi Prabowo Subianto di puncak elektabilitas relatif belum tergoyahkan. Meskipun belum begitu aktif bersolek di media sosial maupun terjun langsung di masyarakat, Prabowo ternyata masih unggul atas tokoh-tokoh lain yang begitu gencar mensosialisasikan diri sebagai Capres 2024," kata Sharazani saat memaparkan hasil survei secara daring, Selasa 15 November 2022.

Sharazani mengatakan, salah satu faktor yang membuat elektabilitas Prabowo Subianto tetap bertengger di puncak survei adalah kuatnya dukungan dari masyarakat bawah atau wong cilik terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.



"Dalam hal ini yang dimaksud dengan masyarakat bawah (wong cilik) adalah sekelompok orang yang hidupnya belum beruntung (disadvantage) secara ekonomi," ucapnya.

Sharazani mengatakan, masyarakat bawah atau wong cilik cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo Subianto karena cenderung mendambakan seorang calon presiden yang mampu membawa mereka keluar dari himpitan hidup mereka saat ini.

"Berdasarkan analisis PWS, Prabowo mereka persepsikan sebagai capres yang memiliki kemampuan membuat ekonomi rakyat menjadi lebih baik," katanya.

Berikut urutan elektabilitas capres:

1. Prabowo Subianto 29,5%
2. Ganjar Pranowo 20,9%
3. Anies Baswedan 19,8%
4. Ridwan Kamil 7,5%
5. Agus Harimurti Yudhoyono 4.2%
6. Erick Thohir 3,9%
7. Moeldoko 3.8%
8. Sandiaga Uno 2,8%
9. Puan Maharani 2,1%
10. Airlangga Hartarto 2,0%
11. Muhaimin Iskandar 1,1%.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)