Bahaya Menikmati Polarisasi Identitas Menuju 2024

Selasa, 15 November 2022 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Partai politik juga harus memberikan konsep-konsep ide perbaikan, kerja sama pemikiran dalam satu konsensus perasaan senasib dalam membangun kehidupan masa depan yang lebih baik sebagai sesama umat manusia, sebagai desain politik.

Demikian juga kandidat tokoh pemimpin, jangan berdiam diri menikmati yang terjadi seperti menanti di tikungan untuk menang. Kandidat tokoh harus mampu melahirkan pemikiran-pemikiran cerdas, ide-ide yang jelas terukur, teruji rekam jejaknya tidak hanya mampu berbicara namun sungguh terbukti bekerja bagi kemajuan bangsa dengan mengorbankan dirinya untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Dalam hal ini tentu tidak baik para kandidat tokoh calon dalam pilpres hanya mengatakan akan meneruskan yang dikerjakan Presiden Jokowi, namun membiarkan potensi kerusakan terjadinya polarisasi identitas. Meneruskan segala hal yang baik dari pemimpin sebelumnya sudah diamanatkan oleh undang-undang. Tidak perlu dikatakan lagi.

Tokoh-tokoh calon penerus kepemimpian bangsa tentu tidak bisa dibenarkan hanya menerima "warisan kebaikan" tanpa berbuat apa-apa, tanpa ada memberikan ide-ide solusi yang konstruktif bagi kemajuan bangsa, tanpa rekam jejak yang teruji.

Masyarakat sangat perlu diberikan edukasi pencerahan politik. Waktu seperti berkejaran antara penguatan kebencian versus penguatan pencerahan dalam menuju 2024. Tentu kita semua berharap yang terbaik, yang menang adalah pemimpin yang mencerahkan.

Partai Politik dengan seluruh jajarannya harus bekerja keras menghimpun crowdfunding sebesar-besarnya yaitu dari masyarakat, dan tidak hanya mengandalkan dari donatur yang baik hati saja bagi perjuangan politiknya. Dengan demikian, oligarki adalah bumbu penyedap dan bukan menu pokok energi perjuangan.

Segala potensi yang dimiliki baik adanya figur tokoh, partai pendukung, aset media harus mampu dipakai untuk memberikan pencerahan politik sebagai design bangunan politik perjuangan. Karena ini adalah modal dalam membangun masa depan baik selaku tokoh dan partai politik.

Waktu masih ada tanpa harus menunggu saat kampanye yang hanya beberapa bulan diberikan oleh KPU. Bekerjalah dari sekarang untuk terus-menerus memberikan pencerahan dan meninggalkan persembunyian di balik tikungan untuk menang dari adanya dua kelompok permusuhan. Meneruskan apa yang baik adalah keharusan dan bukan modal politik warisan.

Kita semua berharap adanya pencerahan yang membangun kebersamaan dan tidak malah mengembangkan apalagi berkontribusi aktif memperkuat kebencian. Waktu masih ada walaupun semakin sempit. Tahun 2024 harus menjadi tonggak bagi ketahanan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Dan, Partai Perindo yang dari namanya tercermin sangat mengedepankan Persatuan Indonesia, tentu akan berjuang dengan segenap daya upaya memberikan pencerahan, perbaikan, pembelaan untuk semua kebaikan dan pencapaian masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat bangsa dan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)