Juara di Lisabon Sings 2022, PSM Unhas Harumkan Nama Indonesia di Portugal

Selasa, 15 November 2022 - 09:07 WIB
loading...
Juara di Lisabon Sings 2022, PSM Unhas Harumkan Nama Indonesia di Portugal
PSM Unhas berhasil menjadi pemenang di kategori Folklore dan the Countermelody di Lisabon Sings 2022 di Kota Lisbon, Portugal pada 11-14 November 2022. Foto/Istimewa
A A A
PORTUGAL - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin (PSM Unhas) dan Kelompok Paduan Suara the Countermelody (Nusa Tenggara Timur) mengikuti kompetisi choir internasional, Lisabon Sings 2022 di Kota Lisbon, Portugal pada 11-14 November 2022.

Lisabon Sings 2022 merupakan ajang kompetisi paduan suara bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Organisasi Interkultur yang pada penyelenggaraan tahun 2022 ini, Portugal menjadi tuan rumah.

Kompetisi ini diikuti oleh 17 negara yaitu Kroasia, Slovenia, Estonia, Finlandia, Prancis, Ghana, Yunani, Israel, Italia, Kosovo, Belanda, Polandia, Portugal, Ceko, Rumania, Swiss, dan Indonesia. Terdapat tujuh kategori yang diperlombakan, yaitu Mixed Choirs Difficulty Level I & II, Choirs of Equal Voices Difficulty Level I & II, Folklore, Children´s Choirs, dan Youth Choirs.

Mewakili Indonesia, terdapat dua kelompok paduan suara yang mengikuti Lisbon Sings 2022. Pertama, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan) yang berlomba di kategori Folklore, dan yang kedua Kelompok Paduan Suara the Countermelody (Nusa Tenggara Timur) yang berlomba di kategori Mixed Choir Difficulty Level II.

Penjurian dilakukan pada tanggal 12 November 2022 bertempat di Auditorium Aula Magna, Universitas Lisabon. Dalam penampilannya, PSM Unhas dengan konduktor Anshari Sanusi sukses membuat decak kagum dewan juri dan seluruh penonton yang hadir dengan persembahan lagu daerah dan busana adat Sulawesi yang menawan.

Sementara penampilan Kelompok Paduan Suara the Countermelody dengan konduktor Heidris Donaldo Liha, berhasil membius dewan juri dan seluruh penonton yang hadir dengan keindahan suara khas daerah Timur Indonesia, dibalut dengan busana Tenun Ikat Alor yang eksotis.

Saat pengumuman kompetisi yang dilakukan pada tanggal 13 November 2022, dewan juri Mia Makaroff (Finlandia), Primo Kerštanj (Slovenia), dan Pedro Teixeira (Portugal), sama-sama sepakat mengakui talenta paduan suara Indonesia layak untuk menjadi juara dengan memberikan penilaian tertinggi.

PSM Unhas berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi pemenang di kategori Folklore dan the Countermelody berhasil mengungguli peserta lainnya dengan menjadi pemenang di kategori Mixed Choir Difficulty Level II.

“Saya bangga paduan suara Indonesia berhasil memenangkan kompetisi paduan suara tingkat internasional di Portugal. Kedua kelompok paduan suara mengharumkan nama Indonesia di Portugal” ujar Duta Besar RI Lisabon Rudy Alfonso saat mengetahui hasil pengumuman pemenang.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9342 seconds (0.1#10.140)