Bahaso Tampilkan MetaHuman Avatar Menkominfo saat Opening DTE G20 di Bali

Selasa, 15 November 2022 - 06:41 WIB
loading...
Bahaso Tampilkan MetaHuman Avatar Menkominfo saat Opening DTE G20 di Bali
Menkominfo Johnny G Plate membuka Digital Transformation Expo (DTE) saat perhelatan KTT G20 di Bali Nusa Dua Convention Center. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Pembukaan Digital Transformation Expo (DTE) dalam perhelatan KTT G20 di Bali Nusa Dua Convention Center menarik perhatian banyak orang. Hal itu lantaran tampilnya metaverse berupa MetaHuman Avatar Menkominfo Johnny G Plate saat menyampaikan sambutan dan menandai pembukaan resmi DTE.

MetaHuman ini memandu Menkominfo saat menjelaskan bahwa DTE yang diprakarsai Presidensi G20 Indonesia merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk berbagi cerita kepada dunia tentang berbagai potensi bangsa dan percepatan kemajuan digital di berbagai sektor, dan juga akan menjadi rangkaian kegiatan terakhir Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG).

Kehadiran MetaHuman ini ternyata dikerjakan oleh anak bangsa yang tergabung dalam Bahaso, startup education technology (edtech) Indonesia, yang lahir sejak 2015, dan saat ini sedang bersiap berinovasi ke web3. MetaHuman ini menjadi menarik karena biasanya masih dikerjasamakan di luar negeri, tapi oleh Bahaso kini dikerjakan 100% di dalam negeri oleh anak-anak bangsa Indonesia sendiri.

Baca juga: Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Joe Biden

CEO PT Bahaso Intermedia Cakrawala Allana Abdullah membenarkan MetaHuman ini merupakan buatan Bahaso yang selama ini banyak bekerja sama dengan Kemenkominfo. “Terima kasih kalau Avatar ini mendapat atensi dari para undangan. Kita memang diundang untuk ikut kegiatan DTE-G20, dan sekaligus membuktikan kita memiliki keahlian Metaverse. Terima kasih kepada Kemenkominfo yang selama ini mendukung karya anak-anak bangsa,” ucapnya, dikutip Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Jokowi Bertemu Erdogan di KTT G20, Ini yang Dibicarakan

Dikatakan Allana, Bahaso ke depan bukan hanya akan bergerak dalam learning bahasa tapi juga sebagai professional training center dengan menggunakan teknologi terkini seperti Metaverse, Blockchain, dan Artificial Intelligence yang dinamakan Bahaso Metaworld, agar lebih menarik dan lebih atraktif. “Betul kita di Bahaso sedang bergerak ke Web3 dan menjadi bagian dalam evolusi internet, dan membuat ekosistem digital yang lebih personal, lebih menarik,” ungkapnya.

Pembukaan DTE-G20, dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz serta mitra kerja Kementerian Kominfo. Event ini berlangsung 13-17 November 2022, di Pecatu Hall, BNDCC, Nusa Dua, Bali. Di DTE-G20 pengunjung dapat menyaksikan enam area yang mewakili gambaran isu tranformasi digital sebagai isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.

Digital Transformation Expo dibangun dinding kolaborasi ditampilkan di akhir pameran. Ini mengakui kontribusi berharga dari anggota G20, 39 kementerian dan lembaga Indonesia, serta 42 perwakilan industri, sekaligus melambangkan semangat transformasi digital dalam harmoni.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2674 seconds (11.97#12.26)