Keren! Marsda TNI Tedi Rizalihadi Penerbang Tempur Lulusan ITB Promosi Bintang 3

Minggu, 13 November 2022 - 13:54 WIB
loading...
Keren! Marsda TNI Tedi Rizalihadi Penerbang Tempur Lulusan ITB Promosi Bintang 3
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan kepercayaan kepada Marsda TNI Tedi Rizalihadi sebagai Dankodiklatau dan promosi bintang 3 bagi Tedi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan kepercayaan kepada Marsda TNI Tedi Rizalihadi sebagai Dankodiklatau. Jabatan baru ini menjadi promosi bintang 3 bagi Tedi.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menunjuk Marsekal Muda (Marsda) TNI Tedi Rizalihadi sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau). Jabatan baru ini menjadi promosi bintang 3 bagi Tedi alias marsekal madya (marsdya).



Dengan penunjukan ini, Tedi akan promosi bintang 3. Untuk diketahui sejak validasi organisasi pada 2021 lalu, jabatan Dankodiklatau merupakan pos bagi bintang 3.

Pilot Tempur Lulusan ITB

Marsda TNI Tedi Rizalihadi merupakan abituren (lulusan) Akademi Angkatan Udara 1991. Catatan kariernya cemerlang. Sebagai penerbang jet tempur Hawk MK-53, Tedi semasa berpangkat letnan kolonel telah meraih 1.000 jam terbang.

Di kalangan prajurit matra Udara, Tedi juga dikenal sosok intelektual. Pilot kelahiran 18 Juli 1970 ini menempuh pendidikan di Fakultas Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendidikan itu dijalaninya usai menamatkan AAU.

Berbagai penugasan dan jabatan telah melekat di pundak Tedi selama ini mulai Danskadron 15 (2006-2009), Kadispers Lanud Iswahjudi (2011), Dan Wing Udara 3 Tempur (2012-2013), hingga Asops Kaskoopsau I (2013-2014). Setelah itu Tedi dipromosikan sebagai Danlanud Supadio.

Kariernya terus meroket. Pada 2017, dia dipercaya menjabat sebagai Pangkosekhanudnas II. Setahun memegang jabatan itu, dia ditarik sebagai Staf Khusus KSAU. Tak lama, Tedi kembali mendapat kepercayaan untuk memegang jabatan strategis yakni Danlanud Adi Soetjipto pada rentang waktu 2018 sampai 2019.

Kembali menjadi Staf Khusus KSAU pada 2019, Tedi kemudian dipercaya sebagai Kaskoopsau I, Waasops Panglima TNI dan Pangkoopsau I pada 2021-2022. Jabatan itu relatif hanya beberapa bulan karena setelah itu dia dipercaya menjadi Pangkoopsud I dan akhirnya Kaskoopsudnas. Tak sampai setahun, dia kini dipromosikan marsdya dengan menjabat Dankodiklatau.

Mengutip laman resmi TNI AU, Kodiklatau merupakan Komando Utama Pembinaan TNI Angkatan Udara yang berkedudukan langsung di bawah KSAU. Kodiklatau bertugas menyelenggarakan pembinan doktrin, pendidikan, latihan, dan pengkajian dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

"Kodiklatau mempunyai lambang yang berbunyi 'Vidyasana Viveka Vardhana' yang berarti tempat pengembangan pPengetahuan dan kesiagaan," bunyi keterangan TNI AU.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)