Deretan Perwira Tinggi TNI yang Punya Brevet Denjaka dan Trimedia Taifib

Jum'at, 11 November 2022 - 17:46 WIB
loading...
Deretan Perwira Tinggi TNI yang Punya Brevet Denjaka dan Trimedia Taifib
Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI yang memiliki brevet Denjaka dan Trimedia Taifib. Salah satunya Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) Achmad Faridz Washington. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI yang memiliki brevet Denjaka dan Trimedia Taifib.

Untuk diketahui, sejatinya kepemilikan tanda jasa ataupun brevet sejenis ini tidak didapatkan begitu saja. Pasalnya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh seorang prajurit agar bisa menyandangnya.

Baca juga : Deretan Perwira Tinggi TNI Bintang 4 yang Memiliki Brevet Anti Teror Denjaka

Berikut deretan perwira tinggi TNI yang punya brevet Denjaka dan Trimedia Taifib.

1. Achmad Faridz Washington

Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) Achmad Faridz Washington merupakan seorang purnawirawan TNI AL yang sempat menjabat Komandan Korps Marinir ke-19 pada periode 2012 hingga 2015.

Dikutip dari laman TNI Mil, pria kelahiran 27 Desember 1959 ini pernah menerima Brevet Tri Media dan Anti Teror TNI AL pada 2 Desember 2014 di pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Kala itu, penyematan brevet dilakukan langsung oleh Danyon Taifib-2 Mar Mayor (Mar) Nanang Saefulah serta Dandenjaka Kolonel (Mar) Budi Purnama.

2. Suhartono

Berikutnya ada Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, lulusan AAL 1988 ini pernah terlibat dalam berbagai operasi tempur yang dilakukan TNI. Sebut saja seperti operasi pembebasan awak kapal MV Sinar Kudus di Somalia.

Tercatat, Komandan Kodiklatal ke-48 ini memiliki 19 tanda jasa dan 7 brevet yang tersemat. Beberapa di antaranya adalah Brevet Denjaka, Trimedia Taifib, Navy Seal, dan lain sebagainya.

3. Nur Alamsyah

Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah merupakan seorang perwira tinggi TNI AL yang pernah menjadi lulusan terbaik AAL1989. Sebelum menjadi Aspotmar Kasal, pria kelahiran 23 Oktober 1967 ini pernah menempati berbagai jabatan penting seperti Dandenjaka (2013-2015), Kepala Staf Korps Marinir (2020), hingga Gubernur AAL (2021-2022).

Tercatat, Nur Alamsyah memiliki 18 tanda jasa serta 8 brevet yang tersemat. Di antaranya adalah Brevet Denjaka, Trimedia Taifib, Free Fall, Navy Seal, dan lainnya.

Baca juga : 3 Perwira Tinggi TNI AU yang Memiliki Brevet Kopassus, Dua di Antaranya Mantan Panglima TNI

4. Ryamizard Ryacudu

Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang menjabat pada periode 2002 hingga 2005. Dikutip dari laman TNI Mil, pada 9 Desember 2014, Ryamizard yang kala itu menjabat Menteri Pertahanan diangkat sebagai Warga Kehormatan Marinir.

Penyematan status tersebut ditandai dengan pemasangan baret Marinir serta penganugerahan Brevet Kehormatan Trimedia Taifib dan brevet Antiteror Aspek Laut. Pemasangan ini dilakukan langsung oleh Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) A Faridz Washington di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

5. Raden Mas Trusono

Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn) Raden Mas Trusono merupakan seorang perwira tinggi TNI AL yang berstatus sebagai lulusan Secata Wamil TNI AL 1979. Dia mengawali kariernya sebagai Prajurit Dua Tamtama Remaja di Yontankfib.

Sepanjang kariernya, tercatat Trusono memiliki 23 tanda jasa dan 4 brevet seperti Brevet Trimedia Taifib, Denjaka, dan lain sebagainya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)