3 Perwira Tinggi TNI AU yang Memiliki Brevet Kopassus, Dua di Antaranya Mantan Panglima TNI

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 16:24 WIB
loading...
3 Perwira Tinggi TNI AU yang Memiliki Brevet Kopassus, Dua di Antaranya Mantan Panglima TNI
Perwira Tinggi di TNI AU yang memiliki Brevet Komando Pasukan Khusus atau Kopassus. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Dalam riwayatnya, terdapat sejumlah Perwira Tinggi di TNI AU yang memiliki Brevet Komando Pasukan Khusus atau Kopassus .

Untuk diketahui, sejatinya tak mudah bagi seorang prajurit TNI untuk bisa mendapatkan brevet pasukan elit seperti Kopassus ini. Adapun alasannya karena mereka harus mengikuti dan melewati setiap tahapan yang telah ditentukan.

Baca juga : 5 Perwira Tinggi TNI AU Terima Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama

Berikut tiga Perwira Tinggi TNI AU yang memiliki brevet Kopassus.

1. Djoko Suyanto

Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto merupakan mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan di era pemerintahan Presiden SBY. Dikutip dari pemberitaan MPI, pria kelahiran 2 Desember 1950 ini menamatkan pendidikannya di Akabri (AU) pada tahun 1973.

Pada sepak terjangnya di militer, Djoko Suyanto juga pernah menempati beberapa jabatan strategis sepanjang kariernya. Sebut saja seperti Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) pada periode 2005-2006, hingga Panglima TNI masa jabatan 2006-2007.

Dikutip dari laman resmi TNI, kala menjabat Panglima TNI, Djoko Suyanto pernah menerima Brevet Komando dan Pembaretan Kopassus pada 3 Mei 2006. Saat itu, penyematan brevet ini dilakukan langsung oleh Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Syaiful Rizal.

2. Imam Sufaat

Berikutnya ada Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat. Pria kelahiran 27 Januari 1955 ini merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara ke-17 yang menjabat pada periode November 2009 hingga Desember 2012.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)