Kisah 2 Pahlawan Nasional yang Memilih Telat Menikah Demi Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 10 November 2022 - 17:20 WIB
loading...
Kisah 2 Pahlawan Nasional yang Memilih Telat Menikah Demi Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia
Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional yang telah berkontribusi terhadap perjuangan merebut kemerdekaan. Salah satunya Mohammad Hatta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional yang telah berkontribusi terhadap perjuangan merebut kemerdekaan. Dalam perjuanganya banyak yang dikorbankan, salah satunya telat menikah .

Para pahlawan nasional tentu merelakan segalanya, baik fisik, materi, maupun kehidupan pribadinya dalam perjuangan agar bisa segera lepas dari belenggu penjajahan bangsa asing yang menyengsarakan.

Baca juga : Enam Tokoh Ini Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Di samping itu, terselip sebuah kisah menarik ketika beberapa pahlawan nasional rela untuk tidak menikah terlebih dahulu dan lebih peduli terhadap perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Berikut dua kisah pahlawan nasional yang memilih telat menikah demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

1. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta menjadi salah satu tokoh perjuangan bangsa Indonesia. Bersama Soekarno dan tokoh pergerakan nasional lainnya, Hatta terus berjuang untuk mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaannya.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, terdapat kisah menarik yang dimiliki Bung Hatta semasa menjadi pejuang. Berbeda dengan sebagian rekannya, dia terkesan tidak pernah mendekati seorang gadis.

Bahkan, Hatta menikahi Rachmi Rahim atau biasa dipanggil Yuke dalam keadaan yang sudah cukup berumur. Usut punya usut, ternyata hal ini dilakukan karena Bung Hatta sebelumnya pernah berucap bahwa tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka.

Pada akhirnya, Mohammad Hatta menikah pada 18 November 1945 dengan sebuah mas kawin berupa buku berjudul ‘Alam Pikiran Yunani’.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2000 seconds (11.97#12.26)